Surabaya (ANTARA News) - Sekitar 500 pebalap dari berbagai daerah di Indonesia akan bertarung dalam kejuaraan nasional balap motor jalan lurus "Nite Battle Pertamina Enduro-KYT Drag Bike 201-M" seri ketiga di Surabaya, Sabtu (11/6).

Promotor Perlombaan dari Trendypromo Mandira, Helmy Sungkar, kepada wartawan di Surabaya, Jumat, mengatakan jumlah pebalap yang ambil bagian tidak jauh berbeda dibanding dua seri sebelumnya di Tasikmalaya dan Bekasi.

"Target awal kami sekitar 600 `starter`, tetapi angka 500-an peserta sudah cukup bagus. Animo pebalap Jatim dan dari luar Jatim mengikuti balapan ini cukup tinggi," ujarnya di sela-sela persiapan kejurnas.

Sejumlah pebalap dragbike yang dipastikan turun, antara lain Agung Unyil (Sidoarjo), Tony Cupank (Nganjuk), David Kancil (Kediri), Richo Bocel (Surabaya), Eko Chodok (Semarang), dan Antonius Petruk (Yogyakarta).

"Mereka adalah pebalap-pebalap top dragbike nasional saat ini. Kami yakin persaingan merebut gelar juara akan sengit dan ketat," tambah Helmy.

Kejurnas ini akan melombakan sebanyak 12 kelas standar yang dimulai sejak awal 2011, antara lain Bebek 4 Tak Tune Up s/d 130 cc, Bebek 4 Tak Tune Up s/d 200 cc, Bebek 2 Tak Tune Up s/d 125 cc, Sport 2 Tak Tune Up s/d 140 cc, dan Matic Tune Up s/d 155 cc.

Hampir sebagian besar pebalap sudah tiba di Surabaya dan mendapatkan kesempatan melakukan latihan di lintasan balap Pantai Ria Kenjeran Surabaya, Jumat malam.

"Panitia memberi kesempatan semua pebalap untuk beradaptasi dengan lintasan dan lampu penerangan yang telah terpasang. Balapan akan dimulai Sabtu (11/6) malam hingga Minggu (12/6) pagi," ujar Helmy.

Mantan pebalap nasional ini menambahkan pada dua seri sebelumnya di Tasikmalaya dan Bekasi, beberapa pebalap Jatim mampu merebut podium juara sehingga kini mereka diperhitungkan lawan-lawannya.

Setelah balapan di Surabaya, kejurnas seri keempat akan kembali dilaksanakan di Bekasi dan seri kelima atau grand final di Sirkuit Sentul, Bogor.(*)
(T.D010/I015)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011