Denpasar (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyambut baik pelaksanaan Utsawa Dharma Gita (UDG) ke-11 Tingkat Nasional sebagai pemantapan pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran kitab suci Wedha bagi umat Hindu.

"Kegiatan Utsawa Dharma Gita adalah bagian dari tradisi keagamaan umat Hindu yang kaya akan nilai-nilai budaya dan spiritual, sehingga dapat jadi sumber inspirasi bagi pembangunan karakter bangsa," kata Presiden Yudhoyono di Taman Budaya, Kota Denpasar, Bali, Jumat malam.

Menurutnya, melalui Utsawa Dharma Gita, umat Hindu diajak untuk memaknai ajaran kitab Wedha dalam kehidupan bermasyarakat untuk menumbuhkan sikap toleransi serta membangun akhlak dan moralitas yang mulia.

Pada kesempatan itu, Yudhoyono juga merespon positif pelaksanaan "Bali World Culture Forum (BWCF) 2011". Karena pada forum ini, peserta akan membahas budaya Bali ditinjau dari berbagai aspek.

Kepala Negara mengharapkan, pandangan dan pengalaman peserta yang datang dari berbagai negara dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan serta pelestarian budaya Bali itu sendiri.

"Bali World Culture Forum merupakan bagian dari perjalanan gagasan kita untuk mewujudkan forum budaya dunia. `World Culture Forum` yang akan diselenggarakan pada tahun 2012 di Bali," katanya.

Presiden juga mengatakan, Pulau Dewata yang memiliki kekuatan budaya dan spiritual akan menjadikan tempat terselenggaranya "World Culture Forum" secara berkelanjutan.

Selanjutnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuka Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-23, sekaligus membuka Utsawa Dharma Gita ke-11 Tingkat Nasional dan Bali World Culture Forum yang ditandai dengan penancapan "kayonan" atau gunungan di atas bunga teratai.(*)

(T.I020/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011