Jakarta (ANTARA News) - Hewlett Packard menawarkan kartrid HP 703 yang berharga murah dan hemat, mampu untuk mencetak 600 halaman, sementara katrid merek lain berharga lebih mahal hanya menghasilkan 200 halaman saja.

Kartrid HP 703 yang dikenalkan disela pameran ICC 2011 ini didedikasikan untuk printer HP All-in-One Deskjet Ink Advantage K209a.

Imelda Setijadi, IWS Retail & Stationary Director Imaging & Printing Group HP mengatakan bahwa kartrid hemat itu merupakan terobosan baru HP melalui teknologi Ink Advantage yang bisa menekan biaya cetak hingga 50 persen dibanding tinta konvensional.

HP memasukan teknologi Ink Advantage ke dalam tiga produk printer HP All-in-One yaitu HP Deskjet Ink Advantage K209a, K110a dan HP Photosmart K510a.

"Kartrid merek lain umumnya seharga Rp150 ribu-an tapi hasil cetakannya hanya 200 halaman," kata Imelda dalam jumpa pers di pameran ICC di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (10/6).

"Sangat kompetitif, bahkan dibanding dengan mesin fotokopi itu sekali pun," katanya.

Ellya, Market Development Manager untuk Inkjet & Web Solutions HP IPG Indonesia, yakin solusi terbaru ini dapat membuat para pengguna printer beralih dari kartrid isi ulang atau infus ke kartrid yang orisinil.

"Dengan teknologi ini, mereka tidak perlu lagi membeli tinta isi ulang," katanya.

Keunggulan lain, teknologi itu membuat tinta hasil cetakan tidak luntur jika terkena air karena kartrid HP 703 Black menggunakan teknologi ColorLok yang berbasis pigmen.

"ColorLok membuat tinta tidak menyebar dan menjadikan hasil cetakan tahan air, tidak seperti tinta biasa yang berbasis dye," kata Ellya

Sayangnya, kualitas hasil cetakan yang tahan air itu hanya berlaku pada tinta warna hitam tidak untuk warna lainnya.

"Memang printer ini ditujukan untuk printing document bukan photo," kata Ellya.

Printer itu juga dapat melakukan scanning, web printing, pengoperasian dengan layar sentuh, smart indikator dan ramah lingkungan.

Fitur web printing memungkinkan penggunanya mencetak dari jarak jauh atau mobile tanpa memerlukan kabel yang menghubungkan ke printer. Para pengguna tinggal mengirimkan data atau foto ke email printer, lalu printer akan mencetaknya.

"Jadi tanpa kabel, hanya melalu email," kata Ellya.

HP menjual HP Deskjet Ink Advantage K209a seharga Rp999 ribu. "Ini adalah investasi yang bagus untuk pengguna," pungkas Imelda.

(Adm/S026)

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011