Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan bersama Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan kegiatan bakti sosial operasi celah bibir dan celah langit-langit (bibir sumbing) kepada masyarakat di daerah itu.

Kegiatan ini didukung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H Padjonga Dg Ngalle, Yayasan Celebes Cleft Center, dan Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial (PABMI) l.

Dekan FKG Unhas Prof drg Ruslin SpBM PhD, dalam keterangannya di Makassar, Rabu, menyampaikan rasa bangganya dapat mewujudkan kegiatan bakti sosial di Takalar pada awal tahun 2022.

Baca juga: FKG UI selenggarakan operasi celah bibir perdana

Baca juga: 27 warga Maluku Utara jalani operasi bibir sumbing gratis


"Ini juga sangat bermakna, karena merupakan kegiatan bakti sosial operasi gratis celah bibir dan langit-langit yang pertama diselenggarakan di RSUD. Kegiatan bakti sosial ini juga merupakan realisasi dari kolaborasi yang telah disepakati," tuturnya.

Kegiatan operasi gratis ini melibatkan Dokter Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial, Dokter Spesialis Anestesi, Penata Anestesi, PPDGS Bedah Mulut dan Maksilofasial dari FKG Unhas dan FKG UI.

Prof Ruslin berharap kegiatan ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat luas.

Sementara itu, Bupati Takalar H Syamsari Kitta juga mengucapkan rasa syukur dan terima kasih karena operasi gratis celah bibir dan langit-langit di RSUD Takalar dapat dilaksanakan dengan lancar.

“Semoga dengan kegiatan bakti sosial ini dapat membantu kesembuhan pasien dengan kelainan bibir dan langit-langit, sehingga mengurangi populasi masyarakat yang memiliki kelainan celah bibir dan langit-langit di Kabupaten Takalar," kata Syamsari.

Baca juga: Operasi bibir sumbing gratis UB di Serang diapresiasi

Sebelumnya, pada November 2021, FKG Unhas juga telah menyelenggarakan kegiatan bakti sosial di Desa Tompotana, Kepulauan Tanakeke, Kabupaten Takalar.

Kegiatan tersebut berupa penyuluhan kesehatan gigi dalam bidang periodonsia, penyuluhan kesehatan gigi dalam bidang bedah mulut dan maksilofasial, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut serta pencabutan gigi.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022