Los Angeles (ANTARA News) - Sekumpulan anak sekolah yang hidup pada penghujung 1970-an mengalahkan tim pahlawan super dalam tanding derby box office di seluruh Amerika Utara akhir pekan lalu.

"Super 8" mengantungi 37 juta dolar AS dalam penjualan tiket, sehingga menggeser "X-Men: First Class" ke posisi kedua, demikian data statistik yang disiarkan industri film Amerika Utara, Ahad (12/6).

Film horor sains-fiksi tersebut, yang dibuat sebagai penghormatan bagi film awal Steven Spielberg, yang memproduksi film itu, memasuki masa review pada Kamis (9/6) dan meraup 12,17 juta dolar AS, dalam satu hari, sehingga penghasilan totalnya mendekati 38 juta dolar AS, kata distributor Paramount Pictures.

Film itu, yang ditulis dan disutradarai oleh J.J. Abrams --yang juga menyutradarai "Mission: Impossible III" (2006) dan "Star Trek" (2009), dibuka di rata-rata 5.500 layar di 3.379 lokasi di Kanada dan Amerika Serikat.

Film sains-fiksi tersebut "tak mempedulikan pengeritiknya dan tampil melalui proyeksi", kata pengulas Hollywood Paul Degerabedian, sebagaimana dilaporkan Xinhua --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Senin. "Peningkatan 15 persen pada Sabtu (11/6) mencerminkan kekuatan ucapan dari mulut-ke-mulut," katanya.

Kerja sama Abrams-Spielberg telah menerima umpan balik positif dari para pengeritik film. Pengumpul data kajian film Rotten Tomatoes memberinya nilai 82 persen, dengan nilai rata-rata 7,5 dari kemungkinan nilai 10. Namun, seringnya penghormatan bagi, atau tiruan dari film Spielberg sebelumnya telah menghasilkan tinjauan negatif.

Akibatnya ialah film tersebut menerima B+ dari CinemaScore, yang dikumpulkan dari penonton film malam pembukaan. Jajak pendapat di luar tempat pertunjukan yang dilakukan oleh Paramount Pictures memperlihatkan 71 persen penontonnya berusia di atas 25 tahun dan 56 persen adalah perempuan.

Juara box office pekan sebelumnya, "X-Men: Firs Class", dari 20th Century Fox, prekuel empat film lain dalam franchise "X-Men", meraup 25 juta dolar AS pada akhir pekan, dan diperkirakan bakal mengantungi 98,9 juta dolar saat memasuki hari ke-10.

Tempat ketiga diduduki oleh "The Hangover Part II", sekuel komedi yang yang meraih 18,5 juta dolar akhir pekan lalu dengan perolehan total 216,6 juta dolar selama tiga pekan.

"Kung Fu Panda 2", film animasi 3-D Paramount/Dreamworks, mendapat 16,6 juta dolar dan berada di tempat keempat. Film itu diperkirakan bakal mengantungi 127 juta dolar selama tiga pekan.

"Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides", sekuel keempat franchise laris "Pirates" dari Walt Disney Studios, diproyeksikan meraih 10,8 juta dolar dari penjualan tiket. Film tersebut telah mengupulkan 208,8 juta dolar selama empat pekan penampilan.

Film lain yang mengisi 10 tempat teratas akhir pekan lalu adalah "Bridesmeids" (10,2 juta dolar), "Judy Moody and the Not Bummer Summer" (yang dibuka dengan pemasukan 6,3 juta dolar ), "MIdnight in Paris" (6,1 juta dolar), "Thor" (2,4 juta dolar AS) dan "Fast Five" (1,7 juta dolar AS).
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011