Jakarta (ANTARA) - Pasar komoditas curah (bulk) China mencatatkan rebound atau pembalikan momentum pada Desember 2021, saat pasokan dan stok mengalami peningkatan selama periode tersebut, tunjuk data industri.

Indeks Barang Curah China (China Bulk Merchandise Index), sebuah tolok ukur aktivitas pasar komoditas curah dalam negeri, tercatat 100,9 persen pada bulan lalu, sedikit di atas garis boom-bust 100 persen, dan menandai level tertinggi dalam enam bulan, menurut Federasi Logistik dan Pembelian China (China Federation of Logistics and Purchasing/CFLP).

Federasi tersebut mengaitkan pertumbuhan itu dengan peningkatan pasokan, di mana subindeks suplai komoditas curah mencatatkan rebound sebesar 102 persen, level tertinggi dalam delapan bulan, pada Desember.

Subindeks yang mengukur penjualan terus mengalami stagnasi, berada di angka 99,9 persen bulan lalu, karena gabungan faktor musiman dan peningkatan kembali kasus COVID-19 yang sporadis menekan permintaan.

Data itu menunjukkan penawaran yang kuat dan permintaan yang lemah dalam pasar komoditas curah China, yang mengindikasikan adanya ruang untuk penurunan harga, seperti diperkirakan oleh federasi tersebut.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022