Ambon (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ambon memperkirakan tinggi gelombang di laut Maluku lima hari kedepan mulai 16 - 20 Juni 2011 mencapai satu hingga lima meter.

Data BMKG diterima ANTARA, Rabu di Ambon menyebutkan ketinggian gelombang satu hingga tiga meter terjadi di perairan laut Ambon, Buru, Geser, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dan Selat Manipa.

Sedangkan laut Banda, laut Aru, peraian Kei, laut Tanimbar di Kabupaten Maluku Tengara Barat (MTB) dan Maluku Barat Daya (MBD) serta Laut Arafura mencapai dua hingga lima meter.

Menurut BMG, ketinggian gelombang tersebut perlu diwaspadai para nelayan dan kapal-kapal dalam beberapa hari kedepan karena berbahaya bagi masyarakat yang akan melakukan aktivitas pelayaran.

BMG sebelumnya mengeluarkan peringatan 11 Juni 2011, tentang gelombang laut mencapai 5 meter laut Arafura.

Ketinggian gelombang disebabkan tiupan angin kencang sehingga memicu terjadinya gelombang di perairan di daerah tersebut.

Kondisi cuaca Kamis (16/6) diperkirakan berawan dan hujan dengan intensitas bervariasi dari ringan hingga deras, terjadi di Pulau Ambon, Seram, Buru, Banda dan pulau Geser dan Kepulauan Aru.

Warga yang bermukim di kawasan perbukitan dan sungai juga diminta mewaspadi kemungkinan terjadinya bencana longsor dan banjir akibat tingginya curah hujan seminggu terakhir. ***4***





(KR-IVA/K005)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011