Target pelanggan listrik prabayar tahun ini adalah 225 ribu pelanggan dan sekarang sudah menyentuh 222 ribu pelanggan.
Semarang (ANTARA News) - Sebanyak 222 ribu pelanggan listrik PLN Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggunakan sistem prabayar dan jumlah tersebut hampir menyentuh target tahun ini sebanyak 225 ribu pelanggan prabayar.

"Target pelanggan listrik prabayar tahun ini adalah 225 ribu pelanggan dan sekarang sudah menyentuh 222 ribu pelanggan. Jadi hampir terpenuhi target," kata kata General Manajer PLN Distribusi Jateng-DIY, Denny Pranata, di Semarang, Kamis.

Denny mengatakan bahwa pada program gerakan sehari sejuta sambungan (grass) listrik tahap dua yang serentak dilaksanakan Jumat (17/6) tidak hanya melayani penyambungan listrik dengan sistem prabayar, tetapi juga melayani yang pascabayar.

"Jadi PLN tidak akan memaksakan pelanggan baru menggunakan sistem prabayar. Akan tetapi, alangkah baiknya jika menggunakan sistem prabayar," katanya.

Menggunakan sistem prabayar, lanjut Denny, pelanggan akan banyak menikmati kemudahan seperti dapat mengetahui dan mengatur pemakaian listrik sesuai yang dikehendaki.

Pelanggan prabayar juga tidak akan diputus jaringan lisitriknya dan dapat mengontrol pemakaian listrik sendiri, sehingga petugas pencatat meteran tidak akan lagi mendatangi rumah pelanggan.

Untuk migrasi dari pelanggan pascabayar menjadi prabayar, cukup mendatangi kantor PLN terdekat atau menghubungi "call center" PLN 123 dan tidak dikenai biaya.

"Pelanggan juga tidak perlu takut atau binggung melakukan isi ulang pulsa, karena banyak tempat yang menyediakannya. Kalau di kota, tidak perlu khawatir karena bisa dilakukan di anjungan tunai mandiri (ATM). Sedangkan untuk yang dipedesaan dapat melakukan isi ulang pulsa di kantor PLN dan banyak yang menjual pulsa," katanya.

Dalam kesempatan sama, Manager Niaga PLN Distribusi Jateng dan DIY, Roberto Manurung, mengatakan bahwa PLN membebaskan biaya bagi pelanggan yang bermigrasi dari pascabayar menjadi prabayar.

"Kami mendorong pelanggan dapat migrasi dari pascabayar menjadi prabayar dengan berbagai keuntungan yang akan diperolehnya," katanya.

Pelanggan dengan daya tersambung 450 VA bisa dinaikkan menjadi 1.300 VA atau 2.200 VA, pelanggan daya tersambung 900 VA menjadi 1.300 VA atau 2.200 VA.

(ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011