Sampai dengan akhir 2010 saja perusahaan daerah itu telah melakukan pemasangan pipa sepanjang 230 kilometer dari berbagai ukuran diameter, sehingga cakupan pelayanan air minum telah mencapai 89 persen dari total 1,5 juta jumlah penduduk Kota Palemban
Palembang (ANTARA News) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan akan menjamin air minum di permukiman penduduk termasuk kawasan pusat kegiatan SEA Games XXVI Jakabaring, terus mengalir selama 24 jam.

Perusahaan daerah air minum (PDAM) Tirta Musi akan menyediakan fasilitas air minum terus mengalir selama 24 jam untuk kebutuhan atlet dan tamu SEA Games XXVI, termasuk warga sekitar, kata Wali Kota H Eddy Santana Purta, di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, pelayanan air bersih bagi para tamu peserta pesta olahraga se-Asia Tenggara yang akan berlangsung di Palembang, 11-25 November 2011 merupakan hal yang sangat penting, sehingga harus tersedia selama 24 jam.

Wali Kota Eddy Santana Putra, sebelumnya pada puncak acara HUT Kota Palembang ke- 1328 menyatakan, penyediaan air bersih selama 24 jam tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan untuk menyukseskan SEA Games XXVI.

Selain penyediaan pelayanan air bersih bagi tamu SEA Games, pihaknya sejak tahun 2010 juga telah memberikan layanan subsidi pemasangan baru instalasi air bersih bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Dikemukakannya, pelayanan air bersih khusus bagi masyarakat berpenghasilan rendah itu pada tahun 2010 ditargetkan membangun sambungan baru bagi 4.000 pelanggan, dan dari jumlah itu 3.000 di antaranya sudah selesai, serta sisanya 1.000 sambungan lagi sedang dalam proses.

Khusus pembangunan sambungan bagi 4.000 pelanggan masyarakat berpenghasilan rendah yang dilakukan pihak PDAM Tirta Musi itu, dibiayai melalui hibah dana sebesar Rp11 miliar dari pemerintah Australia.

Dijelaskannya, sambungan baru bagi MBR tersebut tersebar di empat kecamatan dalam Kota Palembang, yakni Kecamatan Gandus, Kalidoni, Plaju dan Kecamatan Kertapati.

Menurut Wali Kota Eddy Santana, peluncuran pemberian subsidi pemasangan sambungan baru air minum bagi MBR tersebut telah dilakukan pada 10 Agustus 2010 lalu, dan hingga saat ini sudah terpasang sebanyak 3.000 sambungan.

Sementara Direktur PDAM Tirta Musi Saiful DEA, sebelumnya mengatakan bahwa untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada seluruh pelanggan, perusahaan tersebut juga secara berkesinambungan mengupayakan untuk program pengaliran 24 jam.

Dikatakannya, sampai saat ini jumlah pelanggan yang sudah terlayani pengaliran 24 jam berjumlah 75 ribu pelanggan atau setara dengan 50 persen dari total pelanggan.

Ia menambahkan, sampai dengan akhir 2010 saja perusahaan daerah itu telah melakukan pemasangan pipa sepanjang 230 kilometer dari berbagai ukuran diameter, sehingga cakupan pelayanan air minum telah mencapai 89 persen dari total 1,5 juta jumlah penduduk Kota Palembang.

Di samping itu, pada tahun 2010 terdapat penambahan jumlah pelanggan sebanyak 16 ribu sambungan sehingga jumlah pelanggan sebanyak 157 ribu sambungan.

Hal tersebut dapat terlaksana, berkat dukungan pelaksanaan program penggantian pipa-pipa distribusi yang sudah tua, termasuk pipa distribusi dipasang pada zaman pemerintahan Belanda tahun 1929 pada sejumlah lokasi sepanjang 50 kilometer.

(T.M033)
(ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011