Peningkatan kerja sama trilateral antara Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan sangat mendesak mengingat ketegangan baru di Semenanjung Korea, meskipun ia mempertahankan bahwa reaksi apapun harus dipertimbangkan dan tidak ditujukan pada eskalasi
Washington (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Amerika Serikat dan Jepang akan melakukan pertemuan tingkat tinggi keamanan, di Washington Selasa depan, yang pertama dari pertemuan sejenis dalam empat tahun terakhir, kata Departemen Luar Negeri, Jumat.

Dikenal sebagai pertemuan Komite Konsultatif Keamanan (SCC), pembicaraan akan dihadiri oleh Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton, Menteri Pertahanan AS Robert Gates, Menteri Luar Negeri Jepang Takeaki Matsumoto dan Menteri Pertahanan Jepang Toshimi Kitazawa, katanya dalam sebuah pernyataan.

Para pejabat akan membahas berbagai isu bilateral, regional dan global, termasuk masalah nuklir Semenanjung Korea, Afghanistan, transfer teknologi pertahanan rudal, dan penataan kembali pasukan AS di Okinawa.

Sebuah pernyataan bersama yang komprehensif akan dikeluarkan pada pertemuan untuk mengartikulasikan "tujuan strategis bersama dan upaya untuk meningkatkan aliansi AS-Jepang," katanya

AS mendesak Jepang untuk memperdalam keterlibatan dalam kerja sama militer segitiga dengan Korea selatan.

Dalam kunjungan ke Jepang Desember lalu, pejabat tinggi militer Amerika Serikat Laksamana Angkatan Laut Mike Mullen mengatakan bahwa peningkatan kerja sama trilateral antara Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan sangat mendesak mengingat ketegangan baru di Semenanjung Korea, meskipun ia mempertahankan bahwa reaksi apapun harus dipertimbangkan dan tidak ditujukan pada eskalasi konflik.

Mullen, ketua Kepala Staf Gabungan AS, mengatakan pada konferensi pers di Tokyo setelah pembicaraan dengan Menteri Pertahanan Jepang Toshimi Kitazawa, untuk meningkatkan kerja sama yang sangat penting untuk memulihkan perdamaian di kawasan tersebut.

Terakhir, terjadi saling tembak artileri yang mematikan antara Korea Utara (DPRK) dan Korea Selatan (ROK).

"Ini jauh lebih baik diatasi dengan kita semua bersama-sama," kata Mullen, yang kunjungannya ke Jepang menyusul perjalanan ke Seoul. Di Jepang dia menyaksikan latihan pertahanan Jepang-AS selama sepekan di mana Korea Selatan berpartisipasi sebagai pengamat.

(Uu/H-AK) (*)

(T.H-AK/C/H-AK/S004) 18-06-2011 11:21:03

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011