Kabul (ANTARA News) - Amerika Serikat dan negara-negara lain  terlibat  dalam perundingan awal dengan Taliban  untuk merintis cara menyelesaikan perang yang  hampir 10 tahun di Afghanistan, kata Presiden Afghanistan Hamid Karzai, Sabtu.

Seperti dilaporkan Reuters, para diplomat telah mengatakan perundingan awal sudah dilakukan selama beberapa bulan antara kedua pihak.  Karzai,adalah pendukung kuat perundingan perdamaian.

"Perundingan-perundingan perdamaian sedang dilakukan dengan Taliban. Militer asing dan khususnya Amerika Serikat sendiri terus melakukan perundingan-perundingan ini," kata Karzai dalam satu jumpa wartawan di ibu kota Afganistan, Kabul.

Kedutaan besar AS di Kabul menolak memberikan komentar.

Menteri Pertahanan AS Robert Gates awal bulan ini mengatakan akan ada perundingan-perundingan politik dengan Taliban akhir tahun ini, jika aliansi NATO tetap mencapai keberhasilan di lapangan, untuk meningkatkan tekanan pada gerilyawan itu.

Kini ada sekitar 100.000 tentara AS yang berperang di Afghanistan, sekitar 34.000 diantaranya dikirim sewaktu Presiden Barack Obama memangku jabatan tahun 2009.
(H-RN/H-AK)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011