Jakarta (ANTARA News) - Penyanyi Rap AS, 50 cent, yang melambung namanya lewat lagu-lagu bertema ajakan menggunakan narkoba dan kekerasan, tengah mengajak para remaja untuk tidak melakukan "bullying" (penggenjetan) melalui satu buku berjudul "Playground" yang akan dijual Januari nanti, kata penerbit buku itu seperti dikutip Reuters.

Berdasarkan keterangan penerbit Young Readers Group,  buku 50 Cent itu akan berkisah tentang sosok pelaku penggenjetan berusia 13 tahun yang belajar memperbaiki hidupnya setelah menyaksikan akibat dari ulahnya.

Sebagiannya mengisahkan kehidupan pribadi 50 Cents. Sang raper yang bernama asli Curtis Jackson tersebut tumbuh di kawasan Jamaica Queen di kota New York yang memiliki tingkat kejahatan berat semasa penyanyai itu remaja.

"Saya punya hasrat yang kuat untuk menulis "Playground" karena saya ingin menggali bagaimana anak-anak menjadi terlibat 'bullying," kata 50 Cent yang memiliki putera yang masih remaja itu.

"Saya dilatar belakangi oleh peristiwa-peristiwa di masa kecil dan remaja saya. Saya senang menilai cerita yang diambil dari kisah hidup sendiri," kata raper itu.

50 cent mulai menyedot perhatian para penggemarnya di akhir tahun 1990an lewat lagu-lagu seperti "Thug love" dan "How to Rob," tetapi nyawa nyaris direnggut orang, perusahaan perekam lagu-lagunya mencampakkan dia.

Ia memutuskan kembali pada awal tahun 2000an dengan albumnya "Get Rich or Die Tryin'," dan sejak itu ia telah membuat album rekaman, sekaligus bermain di berbagai film.

Ia menerbitkan satu otobiografi pada 2005 yang disebut "From Pieces to Weight" dan kemudian diikuti oleh buku strategi kehidupan berjudul "The 50th Law" yang ditulis bersama rekannya Robert Greene dan diterbitkan pada 2009.

Meski begitu raper yang telah menjual lebih dari 22 juta album di seluruh dunia itu berharap bisa mencegah remaja melakukan penggencetan.

Pada 2009, dia menjual aksesoris peniti bersama raper Rick Ross, mengejeknya melalui lirik lagu dan video. Sebelumnya, 50 Cent menjual hinaan kepada sejumlah raper termasuk The Game dan Cam`ron.

Yudha

Penerjemah: Yudha Pratama Jaya
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011