Pangkalpinang (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan pasien COVID-19 aktif yang menjalani isolasi tersisa 10 orang tersebar di tiga kabupaten, atau mengalami penurunan seiring kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan yang meningkat.

"Hari ini, empat dari tujuh kabupaten/kota tidak ada pasien COVID-19 aktif," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Ahad.

Ia menjelaskan sebanyak 10 pasien aktif menjalani isolasi tersebar di Bangka Tengah 5, Bangka Barat 4 dan Belitung Timur 1 orang. Sementara Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Selatan dan Belitung nihil pasien terpapar virus corona itu.

"Saat ini, sembilan dari 10 pasien COVID-19 menjalani isolasi mandiri, sementara sisanya dikarantina di rumah sakit rujukan," ujarnya.

Baca juga: Satgas: Enam kabupaten/kota di Babel nihil COVID-19

Baca juga: Satgas: 93,5 persen nakes di Babel divaksin COVID-19 ke-3


Ia mengatakan berdasarkan data kasus harian terbaru, hari ini kasus orang terpapar virus corona bertambah 2 orang dengan kumulatif 52.382 jiwa tersebar di Bangka Tengah dan Bangka Barat masing-masing satu kasus.

"Hari ini tidak ada pasien yang sembuh dan meninggal akibat virus corona ini," katanya.

Menurut dia, saat ini 80 unit isolasi terpusat berkapasitas 966 tempat tidur di Babel dalam keadaan kosong pasien, tersebar di Kabupaten Bangka Barat 273, Belitung Timur 196, Belitung 163, Bangka 161, Bangka Selatan 90, Bangka Tengah 66 dan Kota Pangkalpinang 17 unit isoter.

"Kita tetap mengoperasikan isoladi terpusat ini, meski tidak memiliki pasien COVID-19 yang dikarantina di fasilitas kesehatan khusus penanganan pasien terpapar virus corona ini," ujarnya.*

Baca juga: Kasus COVID-19 Babel bertambah 5 jadi 52.371 orang

Baca juga: Kasus aktif COVID-19 di Babel bertambah 4 jadi 13 orang

Pewarta: Aprionis
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022