Beijing (ANTARA News/Xinhua-0ANA) - Angin kencang dan hujan lebat diperkirakan akan menghantam pantai timur China pada saat badai tropis Meari ke barat laut dari perairan Laut Kuning selatan, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh otoritas meteorologi Minggu.

Badai tropis Meari akan mencukur lepas pantai timur Semenanjung Shandong atau mungkin mendarat di sekitar wilayah itu antara Minggu sore dan malam sebelum beralih ke timur laut ke daerah perbatasan antara Republik Demokratik Rakyat Korea dan China, kata Pusat Meteorologi Nasional (NMC) Administrasi Meteorologi China dalam pernyataan itu.

NMC juga meramalkan bahwa antara pukul 08:00 Minggu sampai 08:00 Senin waktu setempat, mata badai tropis akan menghimpun angin, dan angin berkekuatan enam sampai 10 Km menghempas perairan timur laut China yang luas dan Taiwan utara di selatan, ditambah dengan hujan deras di bagian tenggara Provinsi Liaoning dan timur laut Semenanjung Shandong di utara.

Pernyataan itu mendesak instansi pemerintah setempat untuk memantau pergerakan badai tropis dan mengeluarkan peringatan dini kepada publik secara tepat waktu.

Sebagai tindakan pencegahan, NMC menyarankan bahwa kapal harus kembali ke pelabuhan untuk menghindari kerusakan, pertemuan-pertemuan di ruang terbuka dibatalkan, bangunan yang berbahaya diperbaiki atau dihapus, dan departemen pemerintah lokal harus waspada dan siap untuk merespon dalam kasus darurat.

Sebelumnya, kota Shanghai diamuk angin kencang berkecepatan tinggi dan hujan lebat pada saat pusaran badai tropis Meari menuju utara, menghantam wilayah pesisir negara itu.

Kekuatan penuh Meari, masih mendapatkan kekuatan dan kemungkinan segera menjadi topan, mencapai laut dari Shanghai sekitar Sabtu malam, menurut Stasiun Meteorologi Kota Shanghai.(*)
(T.H-AK/B002) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011