Bakauheni (ANTARA News) - Arus penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, untuk tujuan Pelabuhan Merak, Banten, masih padat sejak dua hari terakhir ini.

"Hari ini penumpang masih tampak padat seperti sehari sebelumnya terutama untuk rute Bakauheni-Merak dengan peningkatan penumpang antara 50 hingga 75 persen," kata Manajer Operasional PT Angkutan Sungai Danau dan Perairan (ASDP) Cabang Bakauheni, Heru Purwanto, di Bakauheni, Selasa.

Ia mengatakan, jumlah penumpang masih sama dengan kemarin berkisar antara 6.000 pada Selasa siang dan hingga malam nanti diperkirakan akan mencapai 7.000 lebih penumpang pejalan kaki.

Jumlah kendaraan mengalami penurunan sedikit dari 2.700 menjadi 2.500 unit, namun tidak mempengaruhi kepadatan, begitu juga dengan kendaraan bus, truk dan tronton.

Heru memprediksi, peningkatan penumpang akan terjadi hingga akhir pekan ini, meski sedikit ada penurunan selama dua sampai tiga hari ke depan antara 5.000 sampai 6.000 penumpang.

Ia menyebutkan, jumlah penumpang Senin (27/6) tidak selisih jauh dengan hari sebelumnya yakni mencapai sekitar 7.000 orang, sedangkan kendaraan roda dua sekitar 1.000 unit, roda empat atau pribadi mencapai 2.500 unit, bus 247 unit dan truk sebanyak 2.700 unit.

"Puncaknya akan terjadi pada dua pekan ke depan atau Minggu, (10/7) karena merupakan puncak masa libur panjang anak sekolah," katanya.

Menurut dia, penumpang pejalan kaki, roda dua, roda empat dan bus terus meningkat pada hari ini sehingga Pelabuhan Bakauheni padat.

Sementara itu, Perwira Jaga Administrator (Adpel) Pelabuhan Bakauheni, Syamsul Rizal, menyatakan bahwa arus penumpang pejalan kaki masih tetap mengalir di pelabuhan itu meski sedikit menurun dari kisaran 7.000 penumpang menjadi 6.000 penumpang.

Kapal roll on roll of (roro) masih beroperasi sebanyak 25 armada dengan 80 trip lebih dalam sehari, sedangkan saat normal hanya pada kisaran 75 trip dalam 24 jam.

Ia menambahkan, jumlah armada kapal feri yang melayani arus penyeberangan rute Bakauheni-Merak sebanyak 33 armada, namun tujuh diantaranya masih perbaikan docking,sehingga hanya mengoperasikan 26 armada, dan untuk mendukung kelancaran arus penyeberangan lima dermaga beroperasi semua, termasuk dermaga lima yang baru dibangun dan dermaga plengsengan khusus untuk melayani kapal roro ukuran lebih kecil.
(T.ANT-048/S004)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011