Medan (ANTARA News) - Hasil seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri se-Indonesia melalui ujian tertulis dan keterampilan akan diumumkan secara online melalui laman (website) dengan alamat http://www.snmptn.ac.id.

"Sesuai dengan jadwal dari panitia pusat dan jika tidak ada perubahan, pengumuman akan tetap dilakukan 30 Juni 2011 serentak di seluruh Indonesia dan dapat diakses melalui http://www.snmptn.ac.id," kata humas Universitas Sumatera Utara (USU) Bisru Hafi di Medan, Rabu.

Ia mengatakan, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlah peserta SNMPTN yang mendaftar melalui USU tahun ini meningkat mencapai 33 persen, tahun lalu jumlah pendaftar hanya mencapai sekitar 20 ribu orang.

Meningkatnya jumlah peserta yang mendaftar di USU tahun akademik 2011/2012 ini tidak terlepas dari kota yang tahun ini melalui seleksi nasional sebanyak 60 persen dari total daya tampung perguruan negeri tertua di Sumatera itu.

"Tahun ini jumlah calon peserta SNMPTN yang mendaftar melalui panitia lokal USU mencapai 31.100 orang yang masing-masing terdiri dari 12.138 dari kelompok IPA, 8.653 IPS dan 10.309 IPC. Dari jumlah itu, sesuai kuota nantinya yang akan diterima USU sekitar 2.900," katanya.

Pada kesempatan itu ia juga menjelaskan, universitas negeri tertua di Sumatera itu tahun ini menempati peringkat kedua yang paling diminati peserta SNMPTN se-Indonesia, sementara peringkat pertama ditempati Universitas Padjajaran Bandung.

"Tahun ini peminat yang mencoba masuk USU berjumlah sekitar 55 ribu peserta. Urutan pertama ditempati Universitas Padjajaran Bandung. Ini tentunya menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat untuk belajar di USU semakin tinggi," katanya. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011