Jakarta (ANTARA News) - Apple akan membuat kejutan besar tahun ini dengan meluncurkan dua iPhone sekaligus pada September nanti.

Hal itu dikatakan oleh Analis Riset Ekuitas Bank Deutsche Chris Whitmore.

Whitmore meramalkan Apple akan merilis iPhone generasi kelima pada saat yang sama atau kemungkinan pada September dan perusahaan itu juga akan memamerkan versi cepat iPhone 4 seharga 350 dolar tanpa kontrak operator.

iPhone murah itu akan dijual dengan fitur pra-bayar dimana konsumen dapat membayar bulanan untuk nomor dan waktu menelpon (bicara) yang terbatas.

iPhone Apple masuk dalam jajaran smartphone premium saat ini. Tapi, Whitmore percaya iPhone 4 terbaru nanti dapat membantu Apple bersaing dengan kompetitor lain dalam segmen ponsel murah.

Whitmore mengatakan bahwa penjualan ponsel pintar dalam segmen low-end dan mid-end akan tumbuh tiga kali lebih cepat seperti penjualan ponsel pintar pada segmen high-end.

Pada 2014, kata dia, pengiriman ponsel pintar pada segmen mid-end bisa melampaui segmen high-end.

"Kami percaya, ini adalah waktu yang tepat bagi Apple untuk menggenjot penetrasi smartphone dalam pasar mid-end dan memperluas pasarnya," katanya.

Dia mencatat Nokia Corp dan Research in Motion Ltd sedang berjuang dalam handset murah, demikian dikutip dari Los Angeles Time.

(Adm/S026)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011