Bekasi (ANTARA News) - Stasiun Kereta Bekasi, Jawa Barat, mencatat terjadi tiga keterlambatan kereta pada uji coba ulang commuter line KRL Jabodetabek yang berlangsung, Kamis.

"Sempat terjadi keterlambatan waktu kedatangan pada tiga perjalanan. Waktu keterlambatan berkisar 20-40 menit," kata Wakil Kepala Statsiun Bekasi, Dwi Effendi, di Bekasi, Kamis.

Menurut dia, keterlambatan itu terjadi karena adanya putaran jalur dari Bekasi-Jakarta dan Jakarta-Bekasi, namun, hal itu bukan menjadi penilaian dasar bagi uji coba kali ini.

"Belum terbiasa saja, lama-lama juga akan terbiasa. Untungnya keterlambatan tidak terjadi pada saat jam kerja, sehingga tidak sampai menimbulkan kericuhan di kalangan penumpang," katanya.

Selain itu, kata dia, uji coba kali ini juga diwarnai kebingungan calon penumpang terhadap perubahan jadwal dan sistem operasional.

"Padahal kami sudah melakukan sosialisasi penghapusan kereta ekspres sejak jauh-jauh hari, tapi masih ada saja calon penumpang yang mempertanyakan hal itu," katanya.

Namun demikian, pihaknya menilai uji coba ulang commuter line KRL Jabodetabek kali ini berlangsung lancar dan tertib.

"Meskipun banyak yang kebingungan dengan jadwal keberangkatan, tapi tidak terjadi penumpukan penumpang," katanya.

Dikatakan Dwi, satu hari sebelum sistem ini diberlakukan resmi pada 2 Juli 2011, pembenahan akan terus dilakukan. Dengan demikian pada saat pemberlakuan penuh nanti, semuanya dapat beroperasi lancar

Salah satu pelanggan kereta ekspres, Simon (50), mengatakan PT KAI idealnya menyediakan tambahan jalur khusus bagi commuter line, sehingga tidak perlu ada pihak yang dikorbankan.

"Harusnya KAI tingkatkan pelayanan dengan menambah jalur baru untuk commuter line, bukannya menghilangkan sistem yang sudah baik (kereta ekspres)," katanya.

(KR-AFR/S025)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011