Washington (ANTARA News/AFP) - IMF menyambut bantuan mendesak Eropa untuk menyelamatkan Yunani dari default (gagal bayar), setelah para menteri keuangan zona euro pada Sabtu merintis jalan bagi negara yang dilanda utang itu untuk menerima 12 miliar euro pada pertengahan Juli.

"Kami menyambut komitmen Eurogroup untuk strategi pembiayaan yang menjamin program ekonomi Yunani sepenuhnya tertutup," juru bicara Ketua Dana Moneter Internasional Caroline Atkinson mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Komitmen ini - bersama dengan parlemen yang baru-baru ini meloloskan kebijakan fiskal yang diperlukan Yunani - akan memungkinkan dewan eksekutif IMF untuk mempertimbangkan penyelesaian kajian keempat dan merilis pencairan berikutnya berdasarkan pengaturan siaga saat ini dengan Yunani."

Yunani diharapkan untuk menerima 12 miliar euro dari zona euro dan IMF pada 15 Juli setelah para menteri menyetujui bantuan tahap kelima dari paket penyelamatan keuangan tahun lalu 110 miliar euro ( 160 miliar dolar AS).

IMF seharusnya melunasi angsuran berikutnya, 3,3 miliar euro, minggu depan. Jumlah pangsa zona euro menjadi 8,7 miliar euro.

Atkinson mengatakan IMF berharap untuk mendukung program ekonomi yang akan "berkontribusi untuk memulihkan kesinambungan fiskal, menjaga stabilitas sektor keuangan, dan meningkatkan daya saing untuk menciptakan kondisi untuk pertumbuhandan lapangan kerja berkelanjutan."

Parlemen Yunani menanggapi tuntutan Uni Eropa dan IMF pekan ini dengan meloloskan 28,4 miliar euro pemotongan anggaran dan kenaikan pajak, bersama dengan 50 miliar euro program privatisasi, meskipun terjadi kerusuhan di jalan-jalan Athena.

Diplomat Eropa mengatakan para kepala keuangan zona euro akan membahasbailout kedua lagi pada 11 Juli di Brussel, tapi keputusan itu mungkin harus menunggu sampai September.(*)
(Uu.A026)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011