Bandung (ANTARA News) - Sosok KH Zainuddin MZ memberi warna bagi perjalanan dan dinamika Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan punya andil yang tidak kecil, kata Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Kota Bandung, Lia Nurhambali.

"Meski hengkang dari PPP, KH Zainuddin MZ telah memberi warna dan pelajaran berharga bagi perjalanan partai. Kami kehilangan atas kepergiannya," kata Lia Nurhambali di sela-sela Muktamar VII PPP di Hotel Panghegar, Kota Bandung, Selasa.

Menurut Lia, pria yang berjuluk Kiai Sejuta Umat itu merupakan sosok tangguh dan orator ulung yang mampu memberikan pencerahan kepada umat.

Nama dan kharismanya di hadapan umat tidak bisa dilupakan masyarakat muslim Indonesia, di mana KH Zainuddin MZ sempat menjadi sosok rujukan pemikiran umat. Kiai yang dikenal dengan suaranya dan intonasi dakwahnya yang `memikat` itu merupakan sosok teruji.

"Pemikiran dan pendiriannya kuat, salah satunya pada saat ia keluar partai dan mendirikan partai baru. Yang jelas kita semua kehilangan," kata Lia.

KH Zainuddin MZ meninggal dunia Selasa di usia 60 tahun. Rencananya almarhum yang juga khas dengan sorban hijau di bahunya itu akan dimakamkan Selasa petang ini.
(U.S033/Y008)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011