Jakarta (ANTARA) - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Jakarta Pusat menggelar Isra Mi’raj 1445 Hijriah yang juga dihadiri oleh KH Fikri Haikal MZ beserta 750 warga binaan.

“Kegiatan ini adalah kegiatan pembinaan bimbingan mental bagi warga binaan dan juga petugas kita dalam rangka memperingati hari Isra Mi’raj 1445 H tahun 2024,” kata Kepala Rutan Kelas I Jakarta Pusat, Fauzi Harahap saat dijumpai di Jakarta, Rabu.

Fauzi mengatakan, dengan hadirnya KH Fikri Haikal MZ yang merupakan putra Almarhum 
KH Zainuddin MZ di acara tersebut, dapat memberikan motivasi dan pesan-pesan moral bagi petugas maupun warga binaan.

“Harapannya warga binaan dan petugas bisa membawa dan mengkhidmati pesan moralnya bahwa tentang bagaimana Rasulullah menerima pesan dan perintah dari Allah. Kita sebagai umatnya dan di Rutan Kelas I Jakarta Pusat bisa mengaplikasikannya baik,” ujar Fauzi.

Baca juga: KPU DKI gandeng Kanwil Kemenkumham pastikan kesiapan TPS di rutan
Baca juga: Rutan Salemba tingkatkan razia untuk cegah peredaran narkotika


Di sisi lain, Fikri menyampaikan bahwa dirinya optimis warga binaan di Rutan Kelas I Jakarta Pusat (Jakpus) bisa menjadi masyarakat yang lebih baik lagi ke depannya.

“Saya optimis terhadap warga binaan di sini. Mudah-mudahan mereka saat keluar, habis masa binaannya, mereka tentu akan menjadi manusia yang lebih bermanfaat lagi. Karena di sini juga banyak santri-santri yang sudah diberi modal ilmu,” kata Fikri.

Tak hanya dihadiri oleh warga binaan beragama muslim, Fauzi mengatakan warga binaan beragama lain juga menghadiri acara tersebut.

Tujuannya adalah karena agama merupakan pemersatu bagi semua umat. "Sehingga rasa senasib sepenanggungan serta rasa kekeluargaan dapat lebih terjalin melalui pendekatan agama," katanya.

Persiapan acara tersebut juga telah dilakukan sejak dua hari lalu oleh petugas bersama warga binaan, kata Fauzi. Dia bersyukur acara tersebut hari ini dapat berjalan dengan lancar dan khidmat.
Baca juga: Kemenkumham DKI siapkan 56 TPS khusus di lapas dan rutan

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024