Fasilitas-fasilitas seperti ruang tunggu penumpang, mushala, ruang laktasi, alat pemeriksa suhu tubuh, dan personel keamanan disiapkan untuk menjamin para penumpang tetap aman, sehat, dan lancar
Jakarta (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo menjamin layanan pelabuhan berjalan optimal selama libur panjang yang bertepatan dengan periode libur Isra Mi'raj dan Tahun Baru Imlek, yakni pada 8 hingga 11 Februari 2024.

"Kami pastikan kegiatan layanan di seluruh wilayah operasional Pelindo berjalan optimal pada masa libur long weekend. Koordinasi dengan berbagai pihak termasuk para stakeholder kepelabuhanan terus dilaksanakan demi keamanan dan kenyamanan pengguna jasa," kata Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo Ali Mulyono dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan momentum libur panjang tersebut berpotensi mendorong peningkatan pergerakan masyarakat untuk melakukan perjalanan liburan lewat jalur laut, terlebih di daerah tujuan wisata yang ada di Pulau Sumatera, Jawa maupun Bali-Nusa Tenggara.

Berdasarkan data historis, terminal penumpang tersibuk pada masa liburan, yaitu Terminal Tanjungpinang, Tanjung Balai Karimun, dan Tanjung Perak. Pelindo memastikan seluruh terminal penumpang tersebut siap melayani para penumpang.

"Fasilitas-fasilitas seperti ruang tunggu penumpang, mushala, ruang laktasi, alat pemeriksa suhu tubuh, dan personel keamanan disiapkan untuk menjamin para penumpang tetap aman, sehat, dan lancar," ujar GM Pelindo Cabang Tanjungpinang Darwis.

Pelindo menyatakan bahwa standar layanan yang sama juga telah diterapkan selama periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dengan total pergerakan sebanyak 1,6 juta orang di 63 terminal penumpang Pelindo yang tersebar dari barat hingga timur Indonesia.

Pada 2023, Pelindo telah merenovasi pada beberapa terminal penumpang seperti Pelabuhan Palembang, Biak, Bitung, Makassar, dan beberapa pelabuhan lain.

Selanjutnya, pada 2024, Pelindo juga akan menambah x-ray di lebih dari 10 pelabuhan, di antaranya Tanjung Balai Asahan, Benoa, Bitung, dan Jayapura untuk dapat meningkatkan pelayanan terkait dengan keamanan. Selain itu, juga melanjutkan renovasi terminal penumpang di Pelabuhan Ambon, Manokwari, Gunung Sitoli, dan Lembar.

"Pelindo berkomitmen memberikan layanan 24/7 (24 jam sehari dan tujuh hari dalam seminggu) bagi pengguna jasa. Semoga momen libur long weekend ini dapat dinikmati dengan nyaman bersama keluarga," ujar Ali.

Baca juga: Pelindo melayani arus peti kemas 17,7 juta TEUs selama 2023
Baca juga: Pelindo konfirmasi kunjungan 107 kapal pesiar pada tahun 2024
Baca juga: Kementerian BUMN lakukan perubahan Dewan Komisaris Pelindo

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024