ketika kepala negaranya benar-benar berniat memberantas korupsi sampai ke akar-akarnya dengan memberikan efek jera
Gorontalo (ANTARA News) - Indonesia bisa unggul atas China, bangkit di berbagai bidang. Syaratnya mudah, bebaskan Indonesia dari korupsi terlebih dahulu.

Hal itu dikemukakan I Wayan Sudirta, anggota Dewan Perwakilan Daerah RI dari Komite I Bidang Otonomi Daerah, Hukum dan Kepegawaian, saat berkunjung di Gorontalo, Jumat.

Menurut Sudirta, salah satu kunci kebangkitan China adalah pemberantasan korupsi yang benar-benar didasari kemauan politik kepala negaranya.

"Kemauan politik kita belum ada, di China, setiap yang terbukti korupsi dihukum mati, ada efek jeranya," kata dia.

Dia mengatakan, salah satu ciri negara maju dan makmur, adalah ketika kepala negaranya benar-benar berniat memberantas korupsi sampai ke akar-akarnya dengan memberikan efek jera.

Selama ini, lanjutnya, Indonesia masih tertolong sebagai negara dikarenaka sifat persaudaraan antar sesama yang didukung potensi sumber daya alam yang melimpah.

Tanpa itu semua, lanjutnya, Indonesia hanya akan menjadi potret negara gagal.

"Indonesia memang negara ajaib, dilanda kerusuhan berkali-kali, namun tetap utuh sebagai NKRI, itu karena sifat persaudaraan yang sangat kuat satu sama lain," kata dia.

Dia menambahkan, selain pemberantasan korupsi yang sungguh-sungguh, partai politik di Indonesia juga harus dibenahi dan diberdayakan agar benar-benar mementingkan rakyat banyak.
(ANT)





Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011