Jakarta (ANTARA News) - Satu jenis sepeda motor yang dirancang untuk sanggup memasuki gang-gang sempit di Indonesia kini mulai dipasarkan setelah sangat laris di Thailand, sehingga cocok untuk dimanfaatkan berbagai kalangan masyarakat di sini.

"Motor ini didatangkan dalam bentuk CKD (completely knock down, red) dari Thailand," kata Direktur Pemasaran dan promosi PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Freddyanto Basuki kepada pers di Jakarta, Jumat malam saat memperkenalkan jenis baru motor tersebut.

Freddyanto Basuki menjelaskan, sepeda motor Kawasaki KSR ini memang dirancang secara khusus sehingga cocok dengan potongan tubuh orang-orang Indonesia yang tinggi tubuhnya rata-rata 150-160 cm.

"Kawasaki KSR ini cocok jika dikendarai memasuki gang-gang yang sempit," kata Freddy sambil menjelaskan harga motor ini di Jakarta dalam keadaan "on the road " adalah Rp20,8 juta/unit.

"Lebar setang motor ini tidak mengganggu saat menyelinap di tengah-tengah kemacetan," katanya.

Dalam acara perkenalan ini, juga ditampilkan motor sport lainnya yang diberi nama Ninja ZX6R yang kemampuannya adalah 600 CC dengan harga kurang lebih Rp211 juta/unit.

Sementara itu, Kepala Departemen Pemasaran dan Penjualan Reiner Sitorus menjelaskan kepada para wartawan bahwa para teknisi merancang motor ZX6R ini dengan berusaha menyeimbangkan mesin dengan sasis sehingga tidak menimbulkan kesulitan terutama saat berada di tikungan.

"Mesin dan sasis memiliki keseimbangan yang akurat untuk mendapatkan ruangan-ruangan dimana beratnya bisa dikurangi," kata Reiner Sitorus.

Motor 600 CC ini merupakan motor sport sehingga sangat cocok bagi orang-orang yang masih senang berpetualang, kata Reiner dan menambahkan PT Kawasaki Motor Indonesia menargetkan pemasaran 30 motor tiap bulannya.

Kepada para wartawan dan juga dealer-dealer Kawasaki yang datang dari berbagai daerah di tanah air, kemudian diperdengarkan suara motor 600 CC ini yang tetap terdengar halus walaupun sangat keras terdengar di telinga para undangan.

Tongkrongan motor super sport yang lebih ergonomis ini sehingga terasa alami diharapkan akan semakin menggugah warga yang "gila motor sport" ini untuk memilikinya. (*)
(T.A011/Z002) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011