Rita Moreno akan dianugerahi penghargaan Stanley Kramer di PGA Award

Rita Moreno akan dianugerahi penghargaan Stanley Kramer di PGA Award

Arsip Foto - Aktris Rita Moreno berpose di belakang panggung setelah menerima penghargaan pencapaian seumur hidup di Screen Actors Guild Awards ke-20 di Los Angeles, California, AS, Sabtu (18/1/2014). ANTARA/REUTERS/Lucy Nicholson/am.

Jakarta (ANTARA) - Penyelenggara Producers Guild of America (PGA) Award pada Rabu (26/1) waktu setempat mengatakan bahwa Rita Moreno akan menerima penghargaan Stanley Kramer 2022 di gelaran tahunan PGA Award ke-33 yang berlangsung pada 19 Maret.

Penghargaan tersebut diberikan kepada produksi film atau televisi, produser, atau individu yang dianggap memiliki kontribusi penting dalam meningkatkan kesadaran publik terhadap isu-isu sosial.

Moreno akan bergabung dengan penerima penghargaan sebelumnya, termasuk Jane Fonda serta produksi film seperti “Get Out”, “Loving”, “Fruitvale Station”, “Bombshell”, dan “Hotel Rwanda”.

Baca juga: Steven Spielberg kenang Stephen Sondheim di "West Side Story"

Presiden PGA, Gail Berman dan Lucy Fisher, mengatakan bahwa Moreno memiliki rekam jejak di industri hiburan sebagai sosok yang brilian serta memanfaatkan posisinya untuk mengembangkan kisah atas pengalaman manusia dan mewakili orang-orang dan komunitas yang terpinggirkan di film dan TV.

“Di luar kontribusinya di layar, dia telah menggunakan suaranya yang jelas untuk menyuarakan ketidakadilan yang sering dia alami sepanjang kariernya,” kata Berman dan Fisher, dikutip dari Deadline pada Kamis.

Moreno baru-baru ini muncul sebagai produser eksekutif dan membintangi “West Side Story” karya Steven Spielberg. Ia telah memenangkan Oscar untuk perannya dalam film asli “West Side Story” pada 1961.

Dia telah muncul dalam lebih 40 film layar lebar dan serial TV, termasuk remake terbaru buatan Norman Lear “One Day at a Time”. Film dokumenternya, “Rita Moreno: Just a Girl Who Decided to Go For It”, debut secara global di Festival Film Sundance pada tahun lalu.

Moreno sebelumnya menerima penghargaan Presidential Medal of Freedom dari Presiden George W. Bush, National Medal of Arts oleh Presiden Barack Obama, SAG Life Achievement Award, Peabody Career Achievement Award, dan Kennedy Center Honor.

“Hal terakhir yang pernah saya impikan di masa muda saya adalah dihormati dalam keadaan apa pun,” kata Moreno.

Ia mengatakan menjadi sebuah kehormatan baginya saat PGA Award memilihnya untuk menerima penghargaan Stanley Kramer, yang tidak hanya melihat kariernya tetapi juga kepada prinsip-prinsip yang telah ia coba pertahankan dan jalani sepanjang hidupnya.

Baca juga: Rita Moreno pakai gaun Oscar 1962 di Academy Awards 2018

Baca juga: Film "West Side Story" kantongi Rp150 miliar di box office Amerika

Baca juga: "West Side Story" tayang di bioskop Indonesia mulai hari ini

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar