Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum terpilih PSSI, Djohar Arifin Hussein, langsung mulai bekerja di kantor PSSI Senayan Jakarta, Senin.

Djohar didampingi wakil ketua terpilih Farid Rahman datang sekitar pukul 10.00 WIB. Keduanya langsung diterima sejumlah karyawan dan staf kantor PSSI.

Djohar didampingi staf kantor langsung mengecek ruangan kantor dan bersalaman dengan sejumlah karyawan. Ia juga masuk ke ruangan ketua umum.

Mantan Ketua Pengda Sumut ini juga sempat mengunjungi lapangan stadion utama Gelora Bung Karno.

Sebelumnya Djohar mengatakan, akan menyusun kepengurusan baru PSSI periode 2011-2015 seefektif dan seefisien mungkin dengan tidak terlalu banyak menempatkan personel.

"Saya akan menyusun kepengurusan yang efektif dan tak terlalu banyak personel," katanya.

Tetapi, katanya, prioritas tugas jangka pendek kepengurusan itu menyangkut persiapan Timnas SEA Games dengan target juara di kandang sendiri.

Djohar yang selama ini sebagai staf ahli Menteri Pemuda dan Olahraga itu berjanji merekrut semua pemain berpotensi untuk masuk timnas, tanpa memandang asal usul mereka.

Pada kesempatan itu ia juga memastikan terwujudnya perubahan secara signifikan persepakbolaan di Tanah Air selama masa kepengurusannya lima tahun ke depan.

"Ke depannya mari kita satukan langkah dengan satu misi. Mari kita samakan langkah kita. Kalau ada yang beranggapan saya akan memimpin PSSI hanya beberapa bulan saja, semua itu saya serahkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa," katanya.

Upaya meningkatkan bisnis sepak bola menjadi sepak bola industri, katanya, akan belajar dari pengalaman berbagai liga di Eropa yang justru menjadikan Indonesia sebagai pangsa pasar tontonan.

"Bagaimana situasi seperti itu harus kita tiru dalam cara memanfaatkannya. Tetapi ke depannya kami akan memprioritaskan aspek pendukung utama seperti infrastruktur dan pembinaan usia muda. Salah satu unsur sukses di masa depan adalah kita harus menyiapkan pemain usia muda yang dibina lebih baik," kata Djohar.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011