Tenaga pengajar yang dihasilkan tersebut bukan mampu mengajar pada sekolah umum namun juga mampu mengajar pada Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) dan Sekolah Bertarap Internasional (SBI).
Medan (ANTARA News) - Universitas Negeri Medan (Unimed) menyiapkan lulusan-lulusan yang akan menjadi tenaga pengajar berkelas internasional di sekolah-sekolah bertaraf internasional baik dalam negeri maupun luar negeri.

Pembantu Rektor II Universitas Negeri Mean (Unimed) Drs Chairul Azmi MPd di Medan, Rabu, mengatakan selaku lembaga penghasil tenaga guru yang profesional, pihaknya merasa bertanggungjawab untuk melahirkan tenaga pengajar yang berkualitas.

"Tenaga pengajar yang dihasilkan tersebut bukan mampu mengajar pada sekolah umum namun juga mampu mengajar pada Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) dan Sekolah Bertarap Internasional (SBI). Ini juga sebagai upaya kita untuk menciptakan SDM-SDM yang berdaya saing global," katanya.

Ia mengatakan, untuk meningkatkan SDM yang berdaya saing global tersebut, pemerintah telah memberi kesempatan kepada penyelenggara pendidikan untuk membuka sekolah dengan berbagai jenis kategori seperti sekolah internasional, sekolah bertaraf internasional (SBI), sekolah rintisan internasional dan sekolah bilingual.

Untuk itu, sebagai upaya pemenuhan kebutuhan guru yang akan mengajar di sekolah bertaraf internasional, Unimed telah membuka program bilingual dan kelas internasional pada empat program studi, yakni pendidikan matematika, pendidikan fisika, kimia dan biologi.

Program bilingual merupakan program akademik dengan target menciptakan individu yang dapat menggunakan dua kemampuan bahasa yakni Bahasa Indonesia dan Inggris, memiliki pemahaman yang tinggi mengenai kompetensi "speaking, reading and writing" dalam dua bahasa.

"Di empat prodi ini, pembelajaran bilingual meliputi penggunaan dua bahasa dalam kegiatan pembelajaran tentunya dengan target menciptakan sumber daya, dan 'output' lulusan berstandar internasional," katanya.

Tujuan umum program bilingual tersebut untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat menempuh pendidikan dengan menggunakan fasilitas belajar di Unimed sesuai dengan ketentuan program bilingual.

"Tujuan khususnya adalah menciptakan guru yang mampu mengajar di dalam dan luar negeri, khususnya di negara-negara Asia Tengara dan Australia menggunakan bahasa internasional," katanya.

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011