La Plata, Argentina (ANTARA News) - Striker veteran Diego Forlan Selasa merayakan kemenangannya menyamai rekor tampil ke-79 kalinya, sedangkan Alvaro Pereira mencetak gol tunggal 1-0 atas Meksiko sehingga tim Celeste itu maju ke perempat final Copa America.

Pereira mencetak gol dari jarak dekat ketika laga berlangsung seperempat jam sehingga Uruguay menempati urutan kedua klasemen Grup C dan akan maju ke perempat final untuk bertemu dengan tuan rumah Argentina di Santa Fe, Sabtu.

Uruguay mengakhiri permainan dengan simpanan lima poin dari tiga pertandingan grup, dua angka di bawah pimpinan klasemen Chile, yang sebelumnya mengalahkan Peru 1-0.

Para pemain Peru masih tampil di babak perempat final setelah terpilih sebagai salah satu tim terbaik dari urutan ketiga grup.

Bintang Atletico Madrid, Forlan, yang terpilih sebagai pemain terbaik dalam Piala Dunia tahun lalu, akan menyandang rekor pemain terbanyak bermain dalam laga internasional (cap) bila tampil pada putaran berikutnya, mengalahkan rekor mantan penjaga gawang Rudolfo Rodriguez.

Mantan pemain Manchester United, Forlan, melakukan debut sepak bola di Charruas pada 2002 pada laga persahabatan menjelang Piala Dunia, melawan Arab Saudi.

Pemain berusia 32 tahun itu masih butuh dua gol untuk menyamai rekor pencetak gol terbanyak Uruguay sepanjang masa, Hector Scarone, yang mencetak 31 gol selama 1920 dan 1930 dan juga juara Olimpiade dan dunia.

Kendati tidak mencetak gol pada pertandingan Selasa, Forlan amat berpengaruh dalam mengembangkan serangan Uruguay dan menekan tim kurang berpengalaman Meksiko, yang kini kalah untuk ketiga kalinya dalam kompetisi itu. Tim senior Meksiko memenang turnamen Piala Emas bulan lalu kemudian kini menjalani masa rehat musim panas.

Forlan memegang peranan penting dalam pertandingan itu, termasuk ketika membagi bola kepada rekannya dan membuat repot penjaga gawang Meksiko, Luis Michel.

Dari sekitar 40.000 penonton yang memadati Stadion Estadio Ciudad de La Plata di luar kota Buenos Aires, adalah warga negara Uruguay, yang terus menerus bersorak memberi semangat kepada tim mereka yang meraih kemenangan pertama dalam turnamen itu, setelah sebelumnya merasa frustrasi karena ditahan imbang lawan Peru dan Chile.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011