Jambi (ANTARA News) - Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus dijadwalkan meresmikan perkampungan dan Rumah Pintar Suku Anak Dalam (SAD) pertama di daerah setempat.

Menurut Koordinator LSM KOPSAD Distrik Merangin, Asmadi, ketika dihubungi ANTARA News dari Jambi, Rabu, mengatakan bahwa Gubernur Jambi dan Direktur PT Kresna Duta Agro Indo Jakarta, Daud Dharsono memastikan akan hadir.

Peresmian itu sendiri akan dilaksanakan pada akhir Juli mendatang.

Saat ini secara fisik pembangunan rumah hunian dan rumah pintar SAD telah mencapai 70 persen.

"Insya Allah dalam waktu dekat akan rampung dan sudah dapat dimanfaatkan bagi warga SAD," ungkapnya.

Sementara, Bupati Merangin H Nalim menyambut baik rencana peresmian rumah hunian SAD sekaligus peresmian Rumah Pintar, PAUD Nurul Habib dan Pos Yandu Sanak Kito Jugo.

Ketua Tim Penggerak PKK akan membantu sarana dan prasarana penunjang proses pembelajaran bagi murid PAUD dan Rumah Pintar SAD.

Tokoh Pemuda SAD Mentawak Meruncing dan Temenggung SAD, Kitab menyambut baik kehadiran Bupati ke lokasi perkampungan SAD di Mentawak beberapa hari lalu.

"Selamo iko awak idak pernah ditengok oleh Pak Rajo (Gubernur). Tapi dengan kehadiran Pak Rajo kemaren kerinduan kami sedikit terobati," kata Kitab.

Para Orang Rimba meminta kepada Gubernur untuk mikirkan kehidupan dan sarana ekonomi mereka sebab kini anak-anak Orang Rimba sudah mulai sekolah di PAUD.

"Kami tidur idak kehujanan dan kedinginan dengan bantuan KDA dan KOPSAD. Kami lah mulai dapat menikmati arti kemerdekaan, tapi masalah perut masih belum dapat dipenuhi," ujar Meruncing yang diamini Temenggung Kita.

Menurut Meruncing, meski rumah sudah ada dan anak-anak SAD sudah mulai sekolah, namun dia kuatir kalau masalah ekonomi akan mengakibatkan warga SAD terpaksa keluyuran atau "melangun" lagi.

"Mudah- mudahan ke depan Pak Rajo akan mikirkan ekonomi kami dan sumber penghidupan kami. Kini awak lak agak senang, Pak Rajo akhirnyo datang jugo nengok kami. Kedatangan Pak Rajo sangat membesarkan hati kami, ternyato Pak Rajo (Bupati) jugo mencintai kami yang jugo rakyatnyo," ucapnya.
(KR-YJ)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011