Jakarta (ANTARA) - Nirasha Darusman meluncurkan buku yang telah ia tulis sejak tiga tahun lalu; berbagi perjalanan berdukanya dalam buku yang berjudul "Lost and Found: Sebuah Perjalanan Mengarungi Duka".

Buku bergenre memoar ini secara artikulatif mengungkapkan perjuangan dan perjalanan panjang wanita yang akrab disapa Nira tersebut, dalam usahanya untuk bangkit dari kesedihan karena kehilangan empat anggota keluarga dalam rentang waktu tujuh tahun.

Baca juga: Memoar Michelle Obama akan diterbitkan akhir tahun

"Buku ini lahir karena sepanjang perjalanan duka saya, kurang lebih 11 tahun, saya tidak berhasil menemukan buku berbahasa Indonesia yang membahas soal kematian dan berduka," kata Nira dalam keterangannya, Jumat.

Secara jujur, buku ini bercerita tentang kisahnya dalam mengarungi duka, sesuatu yang diyakininya menjadi perjalanan seumur hidup.

"Buku ini menyajikan pendekatan dan sudut pandang lain dari sebuah proses kehilangan dan berduka untuk kemudian dapat saling belajar dan membagikannya kepada sesama. Saya ingin, buku memoar ini dapat membantu teman-teman yang sedang berduka, yang baru saja merasakan pedihnya kehilangan," imbuhnya.

Buku terdiri dari 200 halaman dan 4 bab yaitu Lost; Grief; Found; dan Legacy. Tidak hanya bercerita tentang pengalaman pribadi, buku ini juga mengungkap dan mengajarkan mekanisme koping.

Baca juga: Bos Madura United luncurkan buku memoar sepakbola

Bagaimana cara untuk keluar dari stres dan trauma, serta berbagi pengalaman dalam mengelola emosi yang terkadang berat untuk dijalani.

"Berduka dan kehilangan itu bersifat pribadi, semua orang tidak sama. Saya seringkali mengalami emosi yang sulit dan seringkali tidak terduga. Ada rasa marah, menyesal, bersalah, ketidakpercayaan, sedih yang tak kunjung usai," kata Nira.

"Tidak hanya mempengaruhi kesehatan mental, juga fisik. Ini adalah tantangan hidup yang harus saya hadapi, dan saya berupaya untuk mencari mekanisme kopingnya. Agar dapat berfungsi dengan baik untuk kehidupan ke depan," imbuhnya.

Tidak hanya menuliskan buku, kurang lebih 2 tahun terakhir Nira menginisiasi sebuah komunitas support group “Let’s Talk Grief” yang digelar setiap 2 minggu sekali secara daring ditujukan bagi mereka yang ingin berbagi seputar kehilangan dan membahas masalah kedukaan, dan kemudian mendirikan @GRIEFTALK.id.

Melalui dua wadah support group ini, mengundang teman-teman dari berbagai daerah dan latar belakang untuk berbagi cerita dan saling menguatkan satu sama lain. Membuka ruang dan hadir bersama untuk teman-teman yang membutuhkan dukungan, validasi, dan semangat dalam menjalani proses duka.

Buku "Lost and Found" sudah bisa didapatkan di toko buku Gramedia seluruh Indonesia, dan juga melalui toko buku online sejak Desember 2021.


Baca juga: Nurul Arifin: Sebelum meninggal Maura bercita-cita merilis buku

Baca juga: Buku komik baru merinci kehidupan Ringo Starr

Baca juga: Perpusnas : Persoalan utama literasi terkait ketimpangan rasio buku

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022