Washington (ANTARA News) - Defisit Amerika Serikat menyusut 3,3 persen dalam sembilan bulan pertama tahun fiskal 2011, departemen keuangan mengatakan Rabu, namun tetap menganga 970 miliar dolar AS.

Penerimaan naik 8,6 persen dalam sembilan bulan sampai Juni dari tahun lalu, dan untuk kuartal terbaru naik 11 persen, lapor AFP.

Bersama dengan belanja yang lebih ketat, pemerintah dapat meneruskan penutupan kesenjangan anggaran untuk tahun fiskal yang dimulai 1 Oktober.

Tapi penerimaan yang naik tidak mempengaruhi tenggat waktu departemen keuangan 2 Agustus bagi AS untuk meningkatkan plafon (batas atas) pinjaman 14,3 triliun atau mungkin dipaksa ke default utang, sumber departemen keuangan menunjukkan.

Gedung Putih dan Kongres Partai Republik telah beberapa pekan bersiteru atas rencana jangka panjang untuk mengurangi defisit, dan Republik telah menolak untuk menyetujui kenaikan plafon kecuali mereka bisa mendapatkan rencana yang mencakup hanya pemotongan pengeluaran dan tidak ada kenaikan pajak.

Gedung Putih dan Demokrat berdebat untuk sebuah paket yang termasuk kenaikan pajak. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011