Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggandeng Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk mengembangkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) sebagai bentuk kolaborasi dengan industri otomotif.

Hal ini ditandai penandatangan nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dengan Ketua Umum IMI Pusat Bambang Soesatyo di sela-sela kegiatan Rapat Koordinasi Nasional-Musyawarah Luar Biasa IMI 2021 di Sultan Hotel, Jakarta, Sabtu.

"Saya sangat mengapresiasi kerja sama ini untuk mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif bersama-sama," kata Menparekraf Sandiaga Uno sebagaimana dalam keterangan pers.

MoU ini memiliki beberapa ruang lingkup yaitu penyelenggaraan kegiatan berbasis industri pariwisata otomotif, peningkatan kualitas dan kemampuan sumber daya manusia di bidang parekraf, pengembangan destinasi pariwisata dan infrastruktur ekonomi kreatif, lalu pengembangan industri dan investasi serta pemasaran di bidang parekraf.

Baca juga: Destinasi Pariwisata Super Prioritas akan miliki wisata otomotif

Kemudian juga mencakup pengembangan produk wisata dan penyelenggaraan  serta pengembangan ekonomi digital dan produk kreatif yang berhubungan dengan transformasi digital. Semua ruang lingkup tersebut berhubungan dengan kegiatan olahraga dan mobilitas kendaraan bermotor/otomotif.

“Penyelenggaraan kegiatan-kegiatan berbasis automotive sports tourism memiliki potensi dan memberikan dampak yang besar terhadap kebangkitan sektor pariwisata sehingga dapat mendorong kebangkitan ekonomi dengan terbukanya lapangan kerja,” ungkap Menparekraf Sandiaga Uno.

Kegiatan berbasis industri pariwisata otomotif disebut dapat menjadi etalase bagi berbagai produk-produk ekonomi kreatif, seperti dari merchandise, baju, dan kuliner. Hal ini dianggap menjadi peluang bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan pelaku ekonomi kreatif lainnya.

Salah satu kegiatan Kemenparekraf yang berkolaborasi dengan IMI adalah persiapan MotoGP Mandalika 2022 yang akan berlangsung dalam 45 hari mendatang, bahkan tidak kurang dari dua pekan latihan pramusim akan dimulai.

"Dapat kami sampaikan bahwa (MotoGP 2022) show must go on, persiapan sudah memasuki finalisasi. Ini kita harapkan menjadi satu kebangkitan dari ekonomi otomotif maupun sport tourism," ujar Menparekraf Sandiaga Uno.

Baca juga: Sandiaga dukung pengembangan wisata otomotif di Indonesia
Baca juga: Bertemu Sandiaga Uno, Ketua MPR ajak kembangkan wisata sport otomotif


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022