Washington (ANTARA News) - Sebuah zona euro yang goyah, dengan penularan pasar obligasi melanda Italia dan Spanyol, menimbulkan risiko ke Amerika Serikat, Ketua Federal Reserve AS Ben Bernanke mengatakan Kamis.

Berbicara kepada senator di Capitol Hill, Bernanke mengesampingkan dampak langsung pada Amerika Serikat masalah yang semakin parah di Yunani, Irlandia dan Portugal, "karena tiga negara itu ... benar-benar bagian yang sangat kecil dari benua Eropa dan ekonomi Eropa."

Tapi dia mengakui bahwa, di samping masalah sendiri Amerika Serikat, masalah zona euro telah menyebabkan "sedikit kecemasan di pasar."

"Itu telah mempengaruhi perekonomian kita, baik musim panas lalu maupun sekarang baru-baru ini."

Bernanke mengatakan bahwa paparan lembaga keuangan AS, reksa dana dan dana pasar uang ke tiga negara tersebut "cukup kecil dan mudah dikelola."

Tapi "di sana terjadi penurunan signifikan dalam kondisi di Eropa, kita akan melihat peningkatan secara umum dalam penghindaran risiko (risk aversion), harga aset menurun, dan banyak volatilitas di pasar," katanya kepada senator, lapor AFP.

"Dan kita akan menderita dari situasi keuangan yang lebih umum daripada yang kita peroleh dari eksposur langsung ke utang negara-negara tersebut," kata Bernanke. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011