Palangka Raya (ANTARA News) - Zivilia band yang berasal dari Kendari Sulawesi Tenggara akan ikut meriahkan malam puncak HUT Kota Palangka Raya ke-54 tahun pada 18 Juli 2011.

Band yang hanya digawangi oleh dua orang personil ini yakni Zulkifli atau Zul sebagai gitaris, pianis sekaligus merangkap vokalis dan Idham Akbar pemain bass yang terkenal dengan hits singlenya Aishiteru (Aku Cinta Kamu) diharapkan mampu menambah semarak kemeriahan HUT Palangka Raya.

"Pada tahun lalu (2010) kami juga menghadirkan band saat peringatan Kota Cantik ini agar masyarakat dapat lebih terhibur dan bisa mengingat momen hari jadi kota kita," kata Kepala Bagian Humas Palangka Raya, H Sahdin Hasan, Sabtu.

Acara yang akan dimulai pada pukul 19.00 WIB yang akan dipusatkan di Bundaran Besar Palangka Raya diperkirakan mampu menyedot perhatian warga tidak hanya dari kalangan muda, karena pertunjukkan ini gratis.

Festival Budaya Isen Mulang tingkat Kota Palangka Raya yang diikuti lima kecamatan juga selalu tidak ketinggalan diperlombakan karena dalam ajang tersebut olahraga dan kesenian tradional khas Dayak yang hampir punah, dimunculkan kembali.

Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia menjelaskan, kegiatan seni dan olahraga tradisional pada Festival Budaya Isen Mulang masuk kalender wisata tahunan di ibukota Provinsi Kalimantan Tengah ini.

"Jadi tidak lagi sekedar ajang menjaring dan menyeleksi atlet-atlet tradisional dan seniman dalam rangka persiapan festival serupa tingkat provinsi, tapi sudah masuk kelender wisata," tegas Riban.

Ia mengatakan, disadari kebudayaan daerah yang sudah mulai terkikis sejalan dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, sehingga dibutuhkan kerja kerasa untuk melestarikannya.

Untuk itu diperlukan partisipasi semua masyarakat agar ikut melestarikan kebudayaan daerah dengan berbagai upaya, sehingga melalui Festival Budaya Isen Mulang sebagai ajang memperkenalkan tidak hanya pada masyarakat setempat mengenai budaya asli Kalteng yang penuh corak pesona keindahan.

Ia berharap kegiatan semakin bertambahnya usia Kota Palangka Raya, akan lebih menjadikan semua elemen tanpa terkecuali untuk lebih mencintai daerah setempat sehingga mempunyai rasa memiliki yang tinggi.

Dengan demikian dapat bisa menjalin kerjasama dan keharmonisan antar sesama, bagaimana untuk lebih memajukan Palangka Raya tidak hanya di dalam negeri tapi juga di dunia internasional.  (ANT174/A035/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011