Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengelola laboratorium bioproduk terintegrasi pertama atau Integrated Laboratory of Bioproduct (iLaB) di Indonesia di Pusat Riset Biomaterial Cibinong Science Center–Botanical Garden Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

“Besar harapan kami, fasilitas riset di iLaB dapat dimanfaatkan oleh seluruh pemangku kepentingan, yakni peneliti, pemerintah pusat/daerah, universitas/akademisi, industri swasta, industri kecil, UMKM dan masyarakat,” kata Manajer iLaB Maya Ismayati dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin.

Laboratorium pengujian tersebut terintegrasi karena iLaB melakukan proses-proses pelayanan pengujian dimulai dari preparasi, formulasi, pengujian, karakterisasi, identifikasi dan kuantifikasi dari bahan kemudian dilanjutkan dengan formulasi bahan sehingga bahan berubah menjadi bioproduk.

Selanjutnya iLaB melakukan pengujian bahan hingga sertifikasi, dan mengembangkan metode untuk standarisasi bioproduk apabila bioproduk tersebut belum memiliki standar.

Baca juga: BRIN targetkan 400 produk inovasi dari perusahaan pemula

Total perolehan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di iLaB pada 2021 sebesar Rp548.263.000 dengan total layanan sebanyak 714 layanan, yang mana 58 persen pengguna internal BRIN dan 42 persen adalah pengguna eksternal berasal dari universitas/industri).

Maya menuturkan proses pengajuan layanan di iLaB bisa diakses oleh semua kalangan melalui https://elsa.brin.go.id/.

Sebelumnya, BRIN membangun sejumlah fasilitas riset pada 2022 untuk melengkapi berbagai infrastruktur riset dalam rangka mempercepat pengembangan riset dan proses hilirisasi hasil riset dan inovasi kepada masyarakat.

"Kami masih fokus melengkapi infrastruktur riset strategis nasional tahun depan," kata Handoko.

Pada 2022, BRIN membangun sejumlah fasilitas riset yang berlokasi di Cibinong, Jawa Barat, di antaranya berupa fasilitas laboratorium animal biosafety level-3 dan laboratorium berstandar Cara Pembuatan Obat yang Baik untuk memproduksi vaksin.

Di Lampung, BRIN akan membangun Fasilitas Laboratorium Pengolahan Mineral Lokal Strategis Berbasis Teknologi Low-Cost dan Zero Waste dan Gedung Inkubasi dan Laboratorium Integrasi Layanan Data dan Informasi Penginderaan Jauh.

Baca juga: BRIN integrasikan 919 unit riset di 74 K/L
Baca juga: BRIN dukung riset dan inovasi nasional untuk MBKM


 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022