Islamabad (ANTARA News) - Pakistan mengatakan pada Sabtu bahwa pembicaraan tingkat Menteri Luar Negeri dengan India akan diselenggarakan di New Delhi seperti yang dijadwalkan pada akhir bulan ini dan tidak akan ada penundaan.

Menteri Negara Luar Negeri Hina Rabbani Khar akan memimpin delegasi Pakistan untuk dialog tingkat menteri Pakistan-India, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Tehmina Janjua.

Berbicara pada konferensi pers mingguan, dia mengatakan, pertemuan tingkat menteri Pakistan-India akan diadakan di New Delhi pada akhir bulan ini, namun tanggalnya sedang dibahas.

Pertemuan tingkat Menteri Luar Negeri akan didahului oleh pertemuan dua sekretaris menteri luar negeri di New Delhi.

Juru bicara mengatakan, Pakistan dengan mentah-mentah mengutuk serangan Mumbai baru-baru ini dan menekankan perlunya meningkatkan kerja sama dalam kontra-terorisme.

"Pakistan dan rakyat Pakistan menderita karena terorisme, memahami dan berbagi penderitaan atas serangan di India yang menyebabkan hilangnya kehidupan secara tragis dan properti," kata juru bicara itu.

Dia menambahkan bahwa Pakistan dan India terus menderita karena terorisme dan kedua negara mengakui bahwa semua isu-isu seperti terorisme harus dibahas pada mekanisme bilateral.

Berbicara tentang hubungan Pakistan-Amerika Serikat, juru bicara mengatakan telah ada perkembangan dalam hubungan itu, terutama pada sisi sipil dan AS telah memastikan kelanjutan bantuan sipil kepada Pakistan.

Sementara itu perundingan-perundingan sedang dilakukan untuk memulai kembali bantuan militer.

Juru bicara itu mengatakan bahwa Amerika Serikat pada Kamis meyakinkan Pakistan, bahwa pihaknya akan melanjutkan mengirim bantuan sipil setelah menangguhkan 800 juta dolar AS dalam bantuan militer.

Dia mengatakan Thomas Nides, wakil menteri luar negeri AS untuk urusan manajemen dan sumber daya, menyampaikan pesan itu dalam percakapan per telepon dengan Menteri Keuangan Pakistan Abdul Hafeez Shaikh.
(*)
 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011