Jakarta (ANTARA) -
Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin menyebutkan perayaan Imlek pada 2022 atau Tahun Baru China 2573 menjadi momentum awal kebangkitan perekonomian saat pandemi COVID-19 yang telah melanda selama dua tahun.

"Mudah-mudahan ke depan semakin baik lagi keadaan baik ekonomi, keamanan dan lain sebagainya," kata Munjirin saat mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi Kelenteng Bio Hok Tek Tjeng Sin di Jakarta Selatan, Selasa.

Baca juga: Ratusan personel gabungan amankan perayaan Tahun Baru Imlek di Jaksel

Munjirin menuturkan perayaan Imlek di wilayah Jakarta Selatan berpusat pada dua tempat ibadah, yakni Kelenteng Bio Hok Tek Tjeng Sin Kebayoran Lama dan Vihara Amurva Bhumi Setiabudi.

Diungkapkan Munjiri, perayaan Imlek secara umum tidak terjadi gangguan keamanan dan ketertiban karena pemerintah kota bersama unsur TNI dan Polri bekerja sama untuk mengawal Tahun Baru China tersebut.

"Jadi semuanya kita sudah dikondisikan secara wilayah dan dari unsur TNI-Polri ikut membantu mengamankan dan Alhamdulillah berjalan dengan baik dan lancar dari semalam," tutur mantan Camat Kebayoran Lama itu.

Baca juga: Warga Jakarta Selatan diingatkan taat prokes saat rayakan Imlek
 
Sebelumnya, Gubernur Anies mengharapkan perayaan Imlek kali ini memberikan semangat, energi baru, dan keberanian melewati masa pandemi, seperti simbol perayaan tahun ini melambangkan "macan air".
 
Anies mengatakan bahwa persatuan merupakan hasil usaha bersama yang tentu harus dijaga secara kolektif. Karena itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini berpandangan Imlek ini merupakan perayaan persatuan dan kebersamaan.
 
Dia juga berharap Imlek 2022 dapat memberikan kesempatan untuk kehangatan keluarga, memiliki tradisi berkumpul dengan keluarga, makan bersama, lalu silaturahmi dengan orang tua.
 
"Ini adalah sebuah tanda penghormatan dan juga tradisi yang terus kita sama-sama ingin bisa dijaga. Saya sekali lagi kami ucapkan selamat tahun Baru Imlek, semoga keberhasilan, kemudahan, selalu mengiringi perjalanan kita di tahun yang baru ini," ujarnya.

Baca juga: Jusuf Hamka dengan cita-cita bangun 1.000 masjid

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022