Jadi ada tiga posko yang dibentuk jajaran tiga pilar Kecamatan Kebon Jeruk
Jakarta (ANTARA) - Polisi dari Polsek Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta Barat membangun tiga posko untuk pengungsi korban kebakaran di Kelurahan Duri Kepa, Kebon Jeruk.

Kapolsek Kebon Jeruk, Kompol Slamet Riyadi, saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, mengatakan, ketiga posko itu adalah posko penampungan korban, posko pelayanan, dan posko penerima bantuan.

"Jadi ada tiga posko yang dibentuk jajaran tiga pilar Kecamatan Kebon Jeruk," kata Slamet Riyadi.

Posko penampungan pengungsi korban kebakaran berisi sekitar 300 jiwa, posko pelayanan dibuka untuk mendata apa saja kebutuhan para pengungsi, sedangkan posko penerimaan bantuan berfungsi menerima bantuan dari pemerintah hingga dari warga sekitar. 

Bantuan yang diberikan sebagian besar adalah makanan, bahan makanan, serta pakaian dan pempers untuk balita. 

Slamet memastikan, pihaknya terus memantau kebutuhan dan kondisi kesehatan korban kebakaran selama di pengungsian, termasuk memantau protokol kesehatan tetap diterapkan di dalam tenda pengungsian.

Sambil memantau kondisi para pengungsi, pihaknya juga fokus melakukan penyelidikan penyebab kebakaran tersebut. "Tadi pagi sudah olah TKP (tempat kejadian perkara), sampai saat ini masih kita selidiki," ujar dia.

Kebakaran menimpa sedikitnya 100 rumah warga di permukiman padat di Jalan Kepa Duri Emas, RT 02 RW 04 Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa dini hari.

Sebelumnya, Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Barat, Sjukri Bahanan, saat dikonfirmasi di Jakarta, mengatakan, ada 100 rumah mengalami kebakaran, dengan dan 100 kepala keluarga terdiri dari 300 jiwa terdampak.

Sjukri mengatakan, semula pihaknya menerima laporan dari warga adanya kebakaran sekitar pukul 03.00 WIB. Beberapa menit kemudian, petugas langsung mendatangi lokasi kebakaran.

Awalnya petugas yang datang hanya beberapa unit saja, tapi karena api semakin membesar dan merembet ke bangunan lain, Sudin PKP kemudian mendatangkan 18 mobil pompa air dengan kekuatan 90 personel.

Proses pemadaman api berlangsung selama satu jam hingga akhirnya api berhasil dipadamkan pada pukul 04.35 WIB.

Baca juga: Kebakaran timpa 100 rumah di Duri Kepa Jakarta Barat
Baca juga: Lima orang nyaris terpanggang dalam kebakaran di Kebon Jeruk

Pewarta: Walda Marison
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2022