Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menggelar rapat kabinet terbatas bidang ekonomi sebelum melakukan kunjungan kerja selama dua hari ke Provinsi Bali.

Biro Pers dan Media Istana Kepresidenan mencatat, rapat kabinet terbatas membahas bidang ekonomi itu dilakukan di Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin, pada pukul 09.00 WIB.

Presiden yang didampingi Ibu Negara Hj. Ani Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan berangkat ke Provinsi Bali pada pukul 10.30 WIB.

Kepala Negara melakukan kunjungan kerja ke Bali untuk menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN Ministerial Meeting/AMM) ke-44 dan Forum Regional Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN Regional Forum/ARF) ke-18 pada 16 hingga 23 Juli 2011.

AMM dan ARF tersebut antara lain mengagendakan pembahasan zona bebas senjata nuklir ASEAN untuk menindaklanjuti desakan anggotanya agar memperjelas masalah nuklir di kawasan Asia Tenggara.

AMM dan ARF sekaligus digelar untuk menyiapkan konperensi tingkat tinggi (KTT) ke-19 ASEAN, dan KTT ke-16 Asia Timur pada November 2011 yang juga direncanakan bertempat di Bali.

Selain itu, negara-negara anggota ASEAN juga sepakat untuk melanjutkan dialog, pendekatan kerja sama dan koordinasi, serta upaya peningkatan kesejahteraan di antara negara-negara kawasan dalam forum tersebut.

Selain pertemuan menteri luar negeri ASEAN, pada forum tersebut juga hadir menteri luar negeri mitra kawasan ASEAN, seperti India, China, dan Jepang, dalam kerangka ASEAN+3, serta negara-negara mitra strategis lainnya.

Menurut Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Ny. Hillary Clinton, dan Menteri Luar Negeri Federasi Rusia, Sergey Lavrov, bakal hadir dalam ARF ke-18 sebagai mitra dialog strategis ASEAN.
(T.D013*P008/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011