Jakarta (ANTARA) - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah sosok pemimpin yang aktif, yang mau langsung terjun ke lapangan.

Kesan itu dia sampaikan setelah untuk pertama kalinya mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Utara pada Jumat (23/2), pasca pelantikan AHY sebagai Menteri ATR/BPN pada 21 Februari lalu.

Baca juga: AHY: Bendungan Lolak di Sulut majukan daerah
Baca juga: AHY: Pertemuan Prabowo-SBY di Cikeas dapat menjadi model

“Kalau pemimpinnya benar-benar aktif memimpin, bukan hanya di balik meja tetapi turun ke lapangan untuk melakukan pemeriksaan, evaluasi, sekaligus menunjukkan leadership dan management di tingkat yang paling strategis. Saya rasa ini akan menggerakkan jajaran kabinet serta kementerian/lembaga, termasuk (pemerintah) pusat sampai daerah,” kata AHY usai bertemu Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Wapres berpesan agar AHY lanjutkan program yang utamakan rakyat kecil

Sinergi dan kolaborasi yang dibangun secara vertikal itu, menurut dia, yang menjadi kunci pemerintahan yang sukses.

“Walaupun baru satu hari bisa berkegiatan bersama Presiden Jokowi, saya bisa merasakan langsung bahwa beliau ingin secara maksimal menggunakan waktunya untuk menyentuh langsung masyarakat,” tutur AHY.

Selama berada di Sulawesi Utara, AHY antara lain mendampingi Jokowi dalam peresmian Bendungan Lolak di Kabupaten Bolaang Mongondow.

Baca juga: AHY: Penyerobotan lahan oleh mafia tantangan terbesar Kementerian ATR

Menurut dia, peresmian itu bukan hanya agenda seremonial, tetapi memiliki arti yang lebih dalam mengenai proses sejak awal mula perencanaan pembangunan bendungan, eksekusi dengan berbagai permasalahan, hingga akhirnya bendungan itu rampung setelah tujuh sampai delapan tahun dibangun.

“Jadi peresmian pasti ada kerja besar. Itu harus kita apresiasi,” kata AHY.

Setelah peresmian bendungan, AHY juga mendampingi Jokowi dalam peresmian jalan daerah, bersilaturahim dengan masyarakat pelaku UMKM, dan mengecek gudang Bulog di Kota Bitung.

“Jadi cukup banyak kegiatan yang dilakukan selama perjalanan satu hari di sebuah provinsi, belum lagi lawatan (Presiden Jokowi) sebelumnya di Sulawesi Selatan,” ujar AHY menceritakan pengalaman pertamanya mendampingi Jokowi dalam kapasitasnya sebagai salah satu menteri Kabinet Indonesia Maju.

Baca juga: Menteri ATR/BPN AHY akan berkunjung ke IKN pada pekan depan

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024