Jakarta (ANTARA News) - Microsoft, perusahaan peranti lunak terbesar dunia, menginginkan PC, ponsel, tablet, dan komputer bisa berbagi antarmuka yang sama.

Presiden Microsoft Windows Phone Andy Less pada Konferensi Mitra Dunia Microsoft mengatakan "ekosistem tunggal" untuk PC, ponsel, tablet dan perangkat lainnya bisa muncul pada 2015.

"Anda dapat memiliki PC dari pabrik mana yang anda inginkan," kata Less yang mengindikasikan perusahaan dapat menggunakan antarmuka umum melalui perangkat yang berbeda.

Trend itu sudah terlihat pada sistem operasi Windows 8 PC yang menyontek dari Windows Phone. Hal itu juga meniru langkah Apple yang menggunakan sistem operasi yang sama untuk PC, laptop, tablet, dan ponsel.

Less mengatakan Microsoft ingin memberikan koherensi dan konsistensi melalui perangkat yang berbeda terutama dengan Xbox. Sejauh ini, Microsoft telah menggunakan browser IE9 pada ponsel dan PC.

Menulis di ThisIsMyNext.com, Nilay Patel, mengatakan bahwa Microsoft berencana mengharmonisasikan tidak hanya Windows PC dan Windows Phone, tetapi juga sistem operasi Xbox dalam kurun waktu empat tahun ke depan.

Menurut laporan Telegraph, jangka waktu itu sangat sempurna mengingat masa aktif Xbox 360 selama 10 tahun sedangkan Windows diharapkan tiga tahun lagi."

(Adm/S026)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011