kasus positif mengalami peningkatan dalam beberapa pekan terakhir dengan terjadi peningkatan 40 kali lipat jumlah kasus mingguan jika dibandingkan awal Januari 2022
Jakarta (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mengingatkan pemerintah daerah untuk melakukan evaluasi penanganan COVID-19 di wilayahnya dan penyesuaian pengaturan kegiatan masyarakat di tengah meningkatnya penambahan kasus baru.

"Saya kembali ingatkan kepada seluruh pemerintah di masing-masing daerah, terutama yang menjadi penyumbang terbesar kasus positif, untuk dapat mengevaluasi penanganan COVID-19 di wilayahnya," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Rabu.

Wiku mengatakan pemerintah daerah dapat melakukan penyesuaian pengaturan kegiatan masyarakat apabila diperlukan untuk menekan jumlah kasus baru di wilayah masing-masing. Dengan langkah tersebut diharapkan terjadi perkembangan yang lebih baik pada pekan depan.

Jumlah kasus positif mengalami peningkatan dalam beberapa pekan terakhir dengan terjadi peningkatan 40 kali lipat jumlah kasus mingguan jika dibandingkan awal Januari 2022.

Baca juga: MAN Surabaya kembali belajar daring setelah 58 siswa positif COVID-19

Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19 pada pekan pertama Januari 2022 terdapat 1.409 kasus yang kemudian naik menjadi 3.027 pada pekan berikutnya. Jumlah itu kemudian naik menjadi 5.454 kasus pada satu pekan setelahnya.

Pada 23 Januari 2022, jumlah itu telah naik menjadi sekitar 14.000 kasus dan kemudian meningkat tajam menjadi 56.807 kasus per 30 Januari 2022.

Dia menjelaskan bahwa tren peningkatan itu masih berada di dalam pemantauan jika dibandingkan gelombang kedua pada tahun lalu.

"Yang perlu menjadi perhatian sekarang adalah upaya bersama dalam menekan kasus agar jangan sampai terus terjadi kenaikan," tuturnya.

Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, pemerintah akan terus menggencarkan program vaksinasi, menyiapkan stok obat, memperkuat fasilitas telemedisin untuk mereka yang terkonfirmasi positif tapi tidak bergejala, serta pencegahan transmisi lokal.

Baca juga: Satgas: Kasus positif meningkat cukup besar dibanding awal Januari
Baca juga: Satgas ingatkan COVID-19 masih jadi ancaman untuk kelompok rentan
Baca juga: Bupati Garut: Peningkatan kasus positif COVID-19 bukan varian Omicron

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022