Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini ke warga di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, mengenai potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, Kamis.

Rilis pers diterima ANTARA, warga Kabupaten OKU yang sebagian wilayahnya hingga kini masih terendam air diharapkan waspada jika terjadi hujan lebat dengan disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang hingga malam hari.

Sebelumnya, sebanyak 323 rumah warga di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan terdampak bencana banjir akibat intensitas curah hujan tinggi yang terjadi pada Selasa (1/2) malam dengan ketinggian air mencapai 100 centimeter hingga 2 meter.

Adapun wilayah terdampak banjir meliputi Desa Air Paoh, Tanjung Baru, Kelurahan Kemalaraja, Sukaraya dan Kelurahan Sekarjaya, Kecamatan Baturaja Timur serta Kelurahan Talang Jawa dan Batukuning, Kecamatan Baturaja Barat.

Selain, Kabupaten OKU, terdapat juga 11 kabupaten di Sumsel berpotensi mengalami cuaca hujan lebat pada hari ini.

Ke-11 kabupaten itu, Lahat, Pagaralam, Empat Lawang, Ogan Komering Ilir (OKI), Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Musi Rawas Utara, Banyuasin, Palembang, OKU Selatan, Muara Enim dan Musi Rawas.

Sementara itu, untuk daerah lainnya di Sumsel pada pagi hari akan mengalami cuaca berawan hingga berpotensi hujan ringan di Kabupaten Musi Banyuasin dan Kabupaten Musi Rawas.

Pada siang hingga sore hari, cuaca diperkirakan akan berawan, potensi hujan petir di wilayah Lahat, Pagaralam, Empat Lawang, OKU, OKU Selatan, Muara Enim dan Musi Rawas.

Sedangkan cuaca berpotensi hujan ringan pada siang hingga sore hari di wilayah Lubuk Linggau, PALI, Musi Rawas Utara, Banyuasin dan Musi Banyuasin.

Pada malam hari, cuaca diperkirakan berawan hingga berpotensi hujan petir di wilayah OKI, Muara Enim, PALI, Lubuk Linggau, Musi Rawas, Musi Rawas Utara Banyuasin, Palembang dan Musi Banyuasin. Sedangkan cuaca berpotensi hujan ringan di wilayah Ogan Ilir, OKU Timur, Pagaralam dan Empat Lawang.

Pada dini hari, cuaca diperkirakan cerah berawan dan berpotensi kabut hingga berpotensi hujan ringan di wilayah Musi Banyuasin, Musi Rawas dan Musi Rawas Utara.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 24 – 32 °C dengan kelembapan udara 60 persen - 97 persen.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 20 – 31 °C dengan kelembapan udara 65 persen - 100 persen.

Angin dari Barat – Utara dengan kecepatan 05 - 25 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa 0,5 – 1,25 meter, di Selat Bangka bagian Selatan dan Selat Bangka bagian Utara 0,1 – 0,5 meter. Cuaca diperkirakan berawan, arah angin dari Barat – Timur Laut dengan kecepatan 04 – 37 km/jam.

Baca juga: Suhu udara di Sumsel meningkat capai 33 derajat Celcius

Baca juga: BMKG: 10 kabupaten Sumsel waspadai hujan deras disertai petir

Baca juga: BMKG perkirakan Sumsel tetap alami hujan di musim kemarau


 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022