Jakarta (ANTARA) - Yayasan Bina Sarana Informatika (BSI) yang menaungi Universitas BSI (UBSI) mendirikan Digital Creative Center (DCC) atau "Lab.Alfa-X" yang mengedukasi dan menciptakan tenaga ahli di bidang digital kreatif.

"Demi membangun masyarakat digital yang cakap, maka kami meluncurkan suatu wadah yang berkomitmen dalam membangun, mengedukasi dan menciptakan tenaga ahli di bidang digital kreatif," kata Akademisi teknologi informasi dan komunikasi yang juga "Co-Founder" Yayasan Bina Sarana Informatika (BSI) Ir Naba Aji Notoseputro, M.Komp di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Pemerintah dorong industri hiburan adaptasi teknologi

Ia mengemukakan bahwa akselerasi transformasi digital menjadi keharusan demi mewujudkan kedaulatan digital di Indonesia.

Perkembangan teknologi digital, katanya, mengalami pertumbuhan yang cukup pesat, di mana adopsi teknologi digital oleh masyarakat menyumbang peran penting dalam tumbuhnya perkembangan ini.

Sebagai pihak yang menggagas terbentuknya DCC, Naba Aji Notoseputro menyebutkan bahwa teknologi digital memberi dampak negatif dan positif di masyarakat.

Baca juga: Software manajemen berbasis AI jadi tren di 2022

"Oleh karena itu perlu adanya suatu wadah yang dapat mengedukasi dan menyosialisasikan teknologi digital kreatif ini agar memberi dampak yang positif di masyarakat," katanya.

Selain itu, kata dia, tujuan dari terbentuknya DCC yakni untuk mengambil peran penting di masyarakat dalam memanfaatkan dan mengembangkan teknologi digital agar masyarakat semakin cakap dalam menggunakan teknologi digital.

Baca juga: Jadi tuan rumah KTT Y20, Indonesia libatkan pemuda pendiri "start up"

Ia mengemukakan hadirnya DCC atau Lab.Alfa-X dapat diandalkan dalam menyiapkan generasi digital yang kreatif melalui berbagai kegiatan seperti lokakarya, seminar dan kesempatan magang bagi masyarakat, mahasiswa dan para pelajar di sekolah.

Dengan kecakapan digital yang dimiliki masyarakat, katanya, diharapkan kelak masyarakat mampu menjawab segala tantangan zaman dan memenuhi kebutuhan dunia industri.

Ia menambahkan DCC hadir dengan membuka kesempatan para ahli dan praktisi untuk melakukan pembinaan dan berbagi pengetahuan serta pengalaman di bidang digital kreatif yang semakin pesat saat ini.

Melalui berbagi pengetahuan dengan para ahli dan praktisi, maka diharapkan DCC dapat secara maksimal membantu menciptakan generasi digital yang bertalenta di Tanah Air, demikian Naba Aji Notoseputro.

Pewarta: Budhi Santoso
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022