Jakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas di Simpang Tugu Jam, yakni di Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, sehubungan pekerjaan lanjutan Mass Rapid Transit (MRT) Fase 2 CP-201.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo di Jakarta, Kamis, menjelaskan, untuk menunjang pekerjaan tersebut akan dilakukan rekayasa lalu lintas sesuai tahapan konstruksi.

Adapun tahapan konstruksi itu yakni pertama di stage 1-38 sisi Timur segmen Selatan Tugu Jam dengan jenis pekerjaan untuk perbaikan stabilitas tanah dan konstruksi dinding diafragma sisi Timur.

Kemudian, pekerjaan instalasi kolom penopang sementara, pekerjaan konstruksi dek dan galian Stasiun Thamrin MRT.

Baca juga: Dishub DKI rekayasa lalu lintas selama konstruksi MRT Glodok-Kota

Adapun waktu pekerjaan stage 1-38 sisi timur itu dimulai 5 Februari 2022 sampai dengan 3 April 2022.

Lalu lintas dari arah Barat (Tanah Abang) menuju arah Timur (Senen) masih dapat melewati simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin Tugu Jam.

Kedua, di stage 1-3C sisi Timur segmen Utara Tugu Jam dengan jenis pekerjaan untuk metode perbaikan stabilitas tanah, konstruksi dinding diafragma sisi Timur, instalasi kolom penopang sementara, pekerjaan konstruksi dek dan galian stasiun Thamrin MRT.

Waktu pekerjaan untuk stage ini dimulai 4 April 2022 sampai dengan 31 Mei 2022 dan lalu lintas dari arah Barat (Tanah Abang) menuju arah Timur (Senen) dialihkan melalui sisi Selatan Tugu Jam simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin.

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI mengimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan.

Baca juga: MRT rekayasa lalin saat pindahkan bagian bawah Tugu Jam Thamrin

Selama pekerjaan berlangsung akan dilakukan pengalihan lalu lintas, yaitu:

a. Lalu lintas dari arah Timur Jalan Kebon Sirih yang menuju ke arah Barat (Tanah Abang) yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin Tugu Jam dialihkan belok kiri berputar di Bundaran Hotel Indonesia.

b. Lalu lintas dari arah Timur Jalan Medan Merdeka Selatan yang akan menuju ke arah Barat (Tanah Abang) yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin Tugu Jam dialihkan melalui Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis dan seterusnya.

c. Lalu lintas dari arah Timur Jalan K. H. Wahid Hasyim yang akan menuju ke arah Barat (Tanah Abang) yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan M. Thamrin Tugu Jam dialihkan lurus melalui KH Wahid Hasyim dan seterusnya.

d. Lalu lintas dari arah Selatan Jalan H Agus Salim yang akan menuju ke arah Barat (Tanah Abang) yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin Tugu Jam dialihkan belok kiri melalui KH Wahid Hasyim dan seterusnya.

e. Rute Angkutan TransJakarta 5M Terminal Kampung Melayu-Tanah Abang yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin Tugu Jam dialihkan melalui Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis dan seterusnya.

f. Rute Angkutan TransJakarta 1R Terminal Senen-Tanah Abang yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin Tugu Jam dialihkan melalui Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis dan seterusnya.

Adapun Shimizu-Adhi Karya Joint Venture selaku pelaksana pekerjaan konstruksi MRT Fase 2 CP-201 bertanggung jawab sepenuhnya terhadap keselamatan keamanan pengguna jalan (baik kendaraan bermotor dan pejalan kaki di lokasi pekerjaan.
 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022