Solo (ANTARA News) - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyatakan, peluang sebagai bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang akan mendampingi pada Pilpres 2009 masih terbuka.

"Memang tidak tertutup bukan hanya lima nama yang akan dibahas dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP. Tapi, masih bisa berkembang nama di luar itu," kata Megawati usai membuka Rakernas IV PDIP di The Sunan Hotel, Solo, Selasa.

Lima Cawapres yang santer berkembang dalam Rakernas PDIP tersebut, antara lain Sultan Hamengku Buwono X, Sutiyoso, Prabowo Subiyanto, Hidayat Nur Wahid, dan Akbar Tanjung.

"Siapapun jika diinginkan menjadi Cawapres bisa saja mendampingi saya termasuk wartawan," kata Megawati sambil berkelakar dengan para wartawan.

Menurut Megawati, dalam Rakernas ini antara lain menjadi pertimbangan untuk memberikan suatu peluang membangun bagaimana keinginan dan aspirasi warga PDIP mengenai siapa kiranya yang nantinya akan mendampingi sebagai Cawapres mendatang.

Dalam Rakernas ini bisa saja muncul nama calon, tetapi belum bisa diputuskan dan nantinya hasilnya akan dievaluasi terus menurus.

Menyinggung soal bakal cawapres yang cocok mendampingi pada Pemilu 2009, menurut Megawati, secara pribadi belum bisa dijawab, karena yang mencalonkan dirinya sebagai capres adalah partainya.

Rakernas IV PDIP di Solo dihadiri beberapa tokoh di antaranya, Sultan Hamengku Buwono X, Sutiyoso, Akbar Tanjung, dan mantan KSAD Jenderal Ryamizard Ryacudu. (*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009