Peningkatan olahraga prestasi itu tidak dapat hanya dikerjakan oleh kelompok-kelompok tertentu, kita harus bersatu, saling mengisi kekurangan
Jakarta (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat menggandeng Akademi Olahraga Prestasi Nasional (Akornas) untuk meningkatkan kualitas pembinaan olahraga prestasi di Tanah Air.

Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn. Marciano Norman mengatakan kerja sama ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Direktur Akornas Mayjen TNI Purn. Tono Suratman di Kantor KONI Pusat, Senayan, Jakarta, Kamis (3/2).

Menurutnya, kerja sama dengan akademisi diperlukan guna meningkatkan kualitas pembinaan olahraga prestasi yang dilakukan KONI Pusat beserta seluruh anggotanya. Menurutnya, berbagai latar belakang harus bersatu memajukan olahraga prestasi Tanah Air.

Baca juga: KONI Pusat lantik Prabowo Subianto sebagai ketua umum PB IPSI

"Peningkatan olahraga prestasi itu tidak dapat hanya dikerjakan oleh kelompok-kelompok tertentu, kita harus bersatu, saling mengisi kekurangan,” kata Marciano Norman dalam keterangan tertulis, Jumat.

KONI Pusat berharap Akornas dapat meningkatkan kualitas tenaga olahraga, khususnya pelatih. Sebab, menurut Marciano, pelatih yang baik adalah pelatih yang dibekali dengan ilmu pengetahuan yang baik.

"Akornas yang digagas Pak Tono didukung kawan-kawan dari KONI Pusat merupakan satu bagian penting yang kami rasakan saat ini menjadi kelemahan kami," ujar Marciano.

Manfaat dari kerja sama dengan Akornas juga diharapkan akan dirasakan seluruh anggota KONI Pusat, khususnya induk cabang olahraga.

"KONI Pusat selaku induk organisasi olahraga prestasi menjalin kerja sama nyata dengan Akornas. Output-nya Akornas ini untuk cabang olahraga anggota KONI Pusat," kata Marciano menambahkan.

Baca juga: Gubernur serahkan usulan rencana pembangunan arena PON Aceh-Sumut XXI
Baca juga: KONI Pusat resmikan kantor sekretariat PB FOBI

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022