Ini perdana menteri yang bertanggung jawab
London (ANTARA) - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson bertanggung jawab atas timnya di Downing Street dengan membuat perubahan setelah keributan terkait pesta lockdown (penguncian), kata Menteri Bisnis dan Energi Greg Hands, Jumat.

Johnson tengah berjuang untuk menjaga wibawa jabatannya sebagai perdana menteri dalam menghadapi kemarahan yang meningkat akibat rangkaian pesta lockdown di Downing Street selama penguncian COVID serta pertanyaan-pertanyaan terkait gaya kepemimpinan Johnson yang sering kacau.

Empat dari pembantu terdekat Johnson mengundurkan diri pada Kamis (3/2). 

Saat ditanya terkait apa yang sedang terjadi di Downing Street, yaitu tempat kediaman dan kantor Johnson, Hands kepada media Sky mengatakan, ”Pengunduran diri sudah disampaikan, pengunduran diri sudah diterima”.

“Ini perdana menteri yang bertanggung jawab,” kata Hands.

Dia tidak dapat mengatakan siapa yang akan menggantikan kepala staf Johnson, Dan Rosenfield, yang mengundurkan diri pada Kamis.

Johnson berjanji untuk mengubah gaya kepemimpinannya setelah sebuah laporan oleh pegawai negeri sipil Sue Gray mengutuk “kegagalan serius kepemimpinan” terhadap acara kerumunan yang digelar di kantor dan kediamannya di
Downing Street. 

Sumber: Reuters

Baca juga: The Mirror: PM Johnson hadiri pesta perpisahan pada akhir 2020

Baca juga: Hadiri pesta saat 'lockdown', PM Inggris minta maaf



 

PM Inggris Boris Johnson positif COVID-19

 

Penerjemah: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2022