Alpe d`Huez, Prancis (ANTARA News/AFP) - Pebalap Luksemburg Andy Schleck merebut kaus kuning sementara pebalap Prancis Pierre Rolland dari tim Europcar memenangi etape ke-19 Tour de France yang menempuh 109,5km dari Modane hingga puncak Alpe d`Huez, Jumat.

Andy Schleck dari tim Leopard-Trek merebut penguasaan kaus kuning itu dari pebalap Prancis Thomas Voeckler, yang kehilangan lebih dari dua menit pada tanjakan terakhir balapan tersebut.

Dalam tahapan yang diwarnai dengan serangan berani dari juara bertahan Alberto Contador pada tanjakan pertama dan tanjakan terakhir hari itu, Schleck merebut posisi puncak klasemen pebalap untuk pertama kalinya dalam balapan itu dengan keunggulan 53 detik atas kakaknya Frank.

Tapi apa yang bisa menjadi pukulan mematikan bagi dua pebalap Luksemburg itu adalah pebalap Australia Cadel Evans, yang tidak mau menyerah dan menempati posisi ketiga dengan hanya berbeda 57 detik.

Evans dianggap sebagai pebalap Time Trial tertangguh pada 10 besar saat ini. Etape kedua terakhir adalah nomor Time Trial sejauh 42,5km di sekitar Grenoble pada Sabtu.

Contador sempat menyerang ke depan pada Col du Telegraphe setelah hanya 15km balapan dan kemudian dapat dikejar di kaki tanjakan 13,8km sampai puncak Alpe d`Huez.

Pebalap tim Saxo Bank itu terlihat akan memenangi etape tersebut, namun saat di tanjakan yang legendaris dengan 21 tikungan tajam mulai membawa korban, dia akhirnya bisa dikejar oleh sesama pebalap Spanyol Samuel Sanchez dari tim Euskaltel dan Rolland saat balapan tersisa 3km.

Rolland kemudian memimpin sendirian di depan pada 2km terakhir dan melintasi garis finis sendiri untuk merebut kemenangan pertamanya dalam balapan itu dan yang pertama bagi pebalap tuan rumah pada Tour edisi ke-98 itu.

Sanchez mencapai finis di posisi kedua dengan terpaut 14 detik, sementara Contador di posisi ketiga dengan terpaut 23 detik.

Evans melintasi garis finis 56 detik di belakang Rolland, dan tepat di depan Schleck bersaudara.

Contador kini menempati posisi keenam dalam klasemen umum pebalap dengan terpaut 3:55 di belakang pemimpin klasemen Schleck.


(SYS) (I015)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011