Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Polres Sukabumi Kota mengerahkan puluhan personel penegak protokol kesehatan (prokes) dari berbagai kesatuan ke sejumlah lokasi yang menjadi pusat keramaian di Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Mereka bertugas untuk mencegah kerumunan warga yang tengah memanfaatkan libur akhir pekan untuk beraktivitas bersama teman atau keluarga.

"Tim penegak prokes ini mendatangi pusat-pusat keramaian yang ada di Kota Sukabumi untuk memberikan peringatan dan imbauan agar tidak berkerumun serta menerapkan prokes untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Kota Sukabumi," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin di Sukabumi, Minggu (6/2).

Para penegak prokes tersebut berasal dari Bagian Sumber Daya Manusia (SDM), Satuan Binmas, Lalu Lintas, Samapta, Reskrim, Intelkam, Narkoba, Sie Propam dan Personel Polwan Polres Sukabumi.

Menurut pantauan ANTARA, mereka berjaga dan memantau berbagai aktivitas yang dilakukan warga di pusat-pusat keramaian, seperti di Jalan RE Martadinata, Lapang Merdeka, Jalan Ahmad Yani dan beberapa lokasi lainnya.

Baca juga: Polres gerebek vila jual minuman keras ilegal di Sukabumi

Mereka tidak henti-hentinya mengingatkan kepada pengguna sepeda motor, angkutan umum dan pribadi, dan pejalan kaki agar disiplin menerapkan prokes untuk membantu memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Polres Sukabumi tidak akan lelah untuk mengingatkan dan mengimbau masyarakat yang sedang beraktivitas khususnya di luar rumah seperti tempat wisata, berdagang, pengguna jalan kaki maupun mengendarai kendaraan agar tetap menerapkan prokes secara ketat, kata Zainal.

Para penegak prokes itu juga memberikan informasi terkini tentang perkembangan COVID-19 di Kota Sukabumi, di mana setiap hari jumlah warga yang dilaporkan terinfeksi virus tersebut terus meningkat.

"Setiap harinya warga yang menjadi korban COVID-19 terus bertambah, seperti pada Minggu (6/2) ini di Kota Sukabumi terjadi penambahan 22 kasus yang seluruhnya menjalani isolasi mandiri. Maka dari itu, pencegahan harus dilakukan untuk meminimalkan penambahan kasus baru," tambah Kasi Humas Polres Sukabumi Kota Iptu Astuti Setyaningsih.

Selain memberikan informasi terkini tentang perkembangan penyebaran COVID-19 dan imbauan untuk menerapkan prokes, pihaknya juga membagikan secara gratis ratusan masker kepada warga yang tidak mengenakan alat pelindung saluran pernapasan tersebut.

Baca juga: Puting beliung terjang Cisolok Sukabumi akibatkan 10 rumah rusak berat
Baca juga: Pesta minuman keras oplosan dua remaja di Sukabumi tewas

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2022